Ingin ketemu Brad Pitt, foto bersama dengan si seksi Jennifer Lopez atau merasakan duduk di “Oval Office White House” dan sekaligus berfoto dengan Presiden Barack Obama? Tidak perlu bingung, cukup masuk ke museum lilin Madame Tussauds di Washington, D.C, semuanya beres.

Jika jalan-jalan ke Washington, D.C, selain wajib mampir ke National Mall, museum lilin Madame Tussauds juga masuk ‘daftar wajib’ dikunjungi. Karena koleksi patung lilinnya sangat memukau.

Di sana kita tidak hanya bebas berfoto dengan para selebritis atau tokoh, tapi juga bebas menyentuhnya. Mau memeluk Tom Cruise, silakan. Tak perlu cemas dicemburui Katie Holmes
Seperti patung lilin Tom Cruise yang tampil sendirian, banyak juga patung lilin yang tidak dibuat secara berpasangan, sebab tidak semua selebriti dapat penghargaan dijadikan patung lilin dan masuk ke museum ini. Kalaupun pasangannya dibuatkan patung lilinnya, biasanya si pasangan ditaruh di museum Madame Tussauds di kota atau negara lain.

Di Amerika, Madame Tussauds ada di Washington, D.C, New York, Las Vegas, dan Hollywood. Sementara di tempat lain ada di Amsterdam, Shanghai, Bangkok, Hongkong, Berlin, Dubai, serta Madame Tussauds yang tertua di London. Rencananya tahun depan akan dibuka di Vienna.

Madame Tussauds dibangun oleh Anna Marie Grosholtz yang kemudian lebih dikenal sebagai Madame Tussaud karena menikah dengan Francois Tussaud. Madame Tussauds sejak kecil sudah belajar membuat patung lilin dari ayahnya, Dr. Philippe Curtis. Pada usia 20-an, Marie  kerap mengadakan pameran patung lilin hasil karyanya.

Karya Madame Tussaud yang kontroversial saat itu adalah dia membuat patung lilin kepala Louis Auguste dan istrinya, Marie Antoinette yang dipancung dalam peristiwa Revolusi Perancis. Hasil karya yang cukup menyeramkan itu dipamerkan dalam ruangan tersendiri bernama Chamber of Horrors, yang ada di Madame Tussauds London. Di situ khusus untuk patung lilin para korban Revolusi Perancis serta para penjahat atau pembunuh yang tak terlupakan sampai sekarang.

Marie meresmikan museum lilin pertamanya di London dengan nama Madame Tussaud’s pada tahun 1835. Belakangan, namanya diubah sedikit menjadi Madame Tussauds. Sayang, koleksinya yang mencapai 400-an itu sekarang banyak berkurang karena kebakaran yang terjadi di museum pada tahun 1925. Beruntung Marie sempat membuat patung dirinya sendiri delapan tahun sebelum dia meninggal di tahun 1850. Dengan begitu kita bisa menikmati peninggalan Marie sekaligus melihat sosoknya yang diabadikannya sendiri dalam bentuk patung lilin.

Mereka yang dibuatkan patung lilin adalah selebriti atau tokoh yang berprestasi, memiliki pengaruh terhadap sejarah dunia, sensasional dan patut dikenang. Mulai dari bintang film, penyanyi, olahragawan, ilmuwan, tokoh sejarah, seniman, para pemimpin negara, sampai para pembunuh kelas kakap, ada semua.

Khusus Madame Tussauds Washington, D.C, rencananya akan diperluas dan dilengkapi koleksi patung lilin presiden Amerika yang berjumlah 44 orang. Untuk saat ini, kita baru dapat berfoto bersama mantan Presiden John Quincy Adams, Grover Cleveland, Chester A. Arthur, Abraham Lincoln, George Bush, serta pasangan Caroline dan John F. Kennedy, Hillary dan Bil Clinton, serta Michelle dan Barack Obama yang berdiri di Oval Office.

Bagi mereka yang penasaran bagaimana patung-patung lilin dibuat, Madame Tussauds juga memutar film pendek tentang cara pembuatan patung lilin oleh para pemahat berpengalaman. Mereka bekerja dengan teliti, semuanya dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Mulai dari proporsi tubuh, bentuk gigi, kuku, mata, warna kulit, sampai warna rambut. Bahkan untuk pembuatan rambut, mereka melakukannya helai demi helai. Tak heran satu patung menghabiskan waktu tiga minggu untuk urusan rambut saja.

Jeni Fairey, sang pemahat, mengatakan bahwa dibutuhkan kesabaran yang luar biasa apalagi saat membuat cetakan yang diukur langsung dari selebritinya. “Beberapa selebriti sangat mengerti dan mudah bekerjasama, tapi ada juga selebriti yang kurang sabar, susah jadinya,” katanya.

Museum yang berlokasi di 1025 F Street, NW, Washington, D.C. ini buka setiap hari dengan tiket masuk seharga $20 untuk dewasa, $18 untuk senior, dan $15 untuk anak-anak tapi mereka memberikan potongan harga bagi para pelajar dan pemesanan online. Ingin mengabadikan diri sendiri, bisa membuat cetakan tangan kita langsung di situ dengan dibantu para staf madame Tussauds . Satu tangan tanpa warna $10 dan hanya menambah $2 kalau ingin diwarnai dengan warna yang kita senangi.  (riana k. liptak)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?34982

Untuk
melihat artikel Amerika/Travel lainnya, Klik
di sini

Mohon
beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported
by :