Robert BlakeDuta Besar Robert Blake memberikan bantuan tambahan sebesar 200.000 dollar AS dalam bentuk dukungan logistik sebagai bagian dari tindakan tanggap darurat bencana letusan Gunung Sinabung di Sumatra Utara.

Dalam siaran persnya, Pemerintah AS menyatakan menyalurkan donasi tersebut melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menjamin keselamatan masyarakat yang terkena dampak bencana.

Pemerintah AS memberikan dukungan operasional dan logistik melalui BNPB yang terus mengelola tindakan tanggap darurat karena letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana.  Pendanaan ini merupakan tambahan dari bantuan 100.000 dollar AS yang telah diberikan sebelumnya  pada tanggal 6 Februari untuk menyediakan pasokan dasar bagi mereka yang tinggal di penampungan dan menderita karena terjadinya letusan.

“Untuk masyarakat yang terpaksa mengungsi dari rumahnya, saya berharap bantuan yang diberikan oleh rakyat Amerika akan memberikan ketenangan sampai saat mereka dapat meninggalkan tempat evakuasi, “kata Dubes Blake.

Melalui Kantor Urusan Bantuan Bencana Luar Negeri AS Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), kontribusi baru ini akan mendukung pengelolaan logistik darurat BNPB untuk bencana Sinabung.  Bantuan tersebut akan digunakan untuk melatih dan membimbing staf BNPB, dan memastikan bantuan tanggap darurat yang efektif terhadap masyarakat yang mengungsi akibat letusan.

Diharapkan donasi yang diberikan dapat membantu untuk teknis dan peralatan Pusat Vulkanologi dan Migitasi Bencana Geologo (PVMBG) guna mendukung pemantauan dan tanggap darurat letusan gunung berapi di daerah Sinabung. Peralatan tersebut dapat digunakan untuk memantau seismik dan digunakan oleh PVMBG untuk mendirikan tiga stasiun lapangan seismik dan sebuah stasiun pengkalan untuk pemantauan gunung berapi secara langsung dan memberikan informasi seketika kepada masyarakat di sekitar gunung berapi dan membantu menyelamatkan jiwa.

Untuk share artikel ini klik www.kabariNews.com/?61839

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

th_Alan180x180copy

 

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2