Pekerjaan-pekerjaan semacam itu memang lebih cocok dilakukan oleh pria di rumah.  Namun meski kelihatan sepele, pekerjaan rumah semacam ini ternyata memerlukan teknik tersendiri.

Jadi ada baiknya ada mengetahui teknik dasar-dasar berikut ini.

1.  Memegang martil dan mengetok paku

Peganglah gagang martil senyaman mungkin, jangan terlalu ke bawah  atau keatas. Titik keseimbangan gagang martil  ada di bagian tengah gagang. Maka peganglah sekitar 3 cm dibawah titik tengahnya. Peganglah dengan kuat tapi jangan terlalu kuat, pokoknya asal jangan sampai terlepas. Jika memgang terlalu kuat maka konsentrasi kekuatan pukulan saat Anda mengetok paku akan terpecah.

Saat mengetok paku, sebisa mungkin gunakan tang sebagai penahan paku, biasanya diujung tang ada jepitan utntuk menjepit paku. Jangan memegangnya langsung dengan tangan. Sering terjadi tangan ikut terpukul palu ketika sedang menahan/mendirikan paku.

2.  Mengecat

Sebelum menggunakan cat, baca dahulu aturan pakai cat tersebut. Biasanya di kemasan cat ada komposisi pencampurannya. Jangan terlalu kental atau terlalu encer. Gunakan kuas yang lembut dan sesuai dengan bidang yang dicat, jika bidang yang dicat cukup lebar, gunakan kuas berukuran besar dan sebaliknya.

Saat mengecat lakukanlah dengan gerakan keatas dan kebawah dengan rata. Jangan mengecat dengan gerakan ke kanan dan ke kiri. Karena gerakan itu membuat hasil pengecatan menjadi tidak rata.

3. Membetulkan atap yang bocor

sebetulnya ini tak memerlukan teknis khusus, karena tergantung jenis atap atau loteng rumah Anda. Yang jelas setelah Anda mengetahui sumber kebocoran, karena salah satu genteng pecah misalnya. Anda dapat naik loteng untuk segera menggantinya. Tapi ingat, jangan menginjak genteng begitu saja. Injak dan berjalanlah di bagian ‘tulang’ genteng yang biasanya berbentuk menonjol dan lebih tebal.  Atau jika mungkin,  berjalanlah mengikuti alur kayu yang menahan genteng dibawahnya. Ingat, selama Anda diatas genteng, berhati-hatilah melangkah dan jaga kesimbangan tubuh Anda.

4.  Memegang obeng

Peganglah gagang obeng dengan mantap dan nyaman. Saat mulai bekerja dengan obeng, gunakan tangan kiri Anda sebagai panduan ujung obeng. jadi sangat tangan kanan Anda memegang dan memutar obeng, tangan kiri Anda memegang bagian tengah ujung obeng untuk memastikan supaya tidak meleset.

Mudah bukan?(photo by: nexus404.com)

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket