KabariNews – Tidak kelas maksud dan tujuan kedatangannya ke Indonesia, Kanim Sekarno Hatta menolak masuk 1 orang laki – laki WN Sudan yang datang dengan pesawat Saudi Airlines (SV 814) pada Selasa 27 Des 2016 pukul 14.00.

Warga negara Sudan ini berinisial YMHE (30 tahun). Walaupun yang bersangkutan memiliki visa dari KBRI Khartoum Sudan namun dari pemeriksaan dokumen dan wawancara  terdapat permasalahan. Karena ia tidak dapat memberikan keterangan yang jelas mengenai maksud tujuan kedatangannya ke Indonesia. Tak hanya itu, ia juga tidak memiki reservasi hotel sebagai bukti bahwa memiliki tempat tinggal di Indonesia. Hal lain, yang bersangkutan tidak memiliki biaya hidup yang cukup selama tinggal di Indonesi. Ia hanya membawa uang sebesar 100 $. Padahal akan tinggal lebih dari sebulan di Indonesia.

“Diduga yang bersangkutan berpotensi menimbulkan masalah keimigrasian dan diduga sebagai pengungsi yang akan menjadi beban pemerintah RI di kemudian hari,” kata Agung Sampurno, Kabag Humas Ditjend Imigrasi. (Dessy/foto :ist)