Apakah Anda mendapatkan cukup sinar matahari ? Data mungkin menunjukkan mungkin tidak. Klinik  Cleveland melaporkan bahwa kekurangan vitamin D adalah masalah global: Satu miliar orang di seluruh dunia dan sekitar 35% orang dewasa di Amerika Serikat ekurangan vitamin yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup paparan sinar matahari secara teratur, Anda dapat mengonsumsi lebih banyak makanan kaya vitamin D atau mencari suplemen vitamin D yang tepat berdasarkan kebutuhan nutrisi Anda.

Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari matahari  seperti yang dijelaskan oleh blog Harvard Health,  “Energi matahari mengubah bahan kimia di kulit Anda menjadi vitamin D3, yang dibawa ke hati dan kemudian ginjal untuk mengubahnya menjadi vitamin D aktif. ”

Menikmati hangatnya sinar matahari bisa menenangkan tetapi bisakah mendapatkan vitamin D melalui jendela, atau harus berada di luar?

 “Radiasi radiasi ultraviolet B (UVB) adalah jenis radiasi dari matahari yang memicu produksi vitamin D dalam tubuh dan mengubahnya menjadi bentuk aktif vitamin D,” jelas Grant Radermacher, DC, seorang chiropractor di Wisconsin. Namun ternyata, radiasi UVB sebagian besar terhalang oleh kaca jendela biasa.

Jadi, ada dua kabar buruk di sini. Pertama, Anda tidak bisa mendapatkan vitamin D melalui jendela dan kedua, Anda bisa mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Carly King, ND, seorang naturopath di Ontario, CA, mengatakan, “Karena kaca menyerap semua radiasi UVB, paparan kulit terhadap sinar matahari yang melewati kaca, plexiglass, dan plastik tidak akan menghasilkan produksi vitamin D apa pun di kulit. Tapi kaca tidak menghalangi sinar UVA, jadi kerusakan akibat paparan sinar matahari melalui jendela masih menjadi perhatian,” kata Dr. King.

Penting untuk diperhatikan bahwa kita sebenarnya tidak “mendapatkan” vitamin D dari matahari dengan cara yang sama seperti kita mendapatkan vitamin D melalui suplemen atau dari makan makanan seperti tuna, salmon, atau telur. Yang terjadi adalah tubuh memproduksi vitamin D saat terpapar sinar UVB, yang memicu sintesis vitamin D.

BreAnna Guan, ND, dokter naturopati yang berbasis di Boston mengatakan sebagian besar radiasi UVB (290 hingga 320) nm [nanometer] diserap oleh lapisan ozon  dan paling melimpah saat matahari berada di atas kepala di bulan-bulan musim panas antara jam 10 pagi dan 2 siang.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di luar sana (Guan menyarankan maksimal 10 hingga 15 menit). Oleskan juga tabir surya. Anda masih akan mendapatkan paparan yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat vitamin D.

Namun, tidak semua jenis kaca dibuat sama. “Sementara kaca biasa memblokir sebagian besar sinar UVB, kaca khusus, seperti kaca E rendah, memungkinkan lebih banyak sinar UVB untuk melewatinya,” kata Dr. Radermacher tetapi Anda tetap tidak boleh berharap untuk mensintesis banyak vitamin D dari paparan sinar matahari melalui jendela.

Sumber foto: express.co.uk

Baca Juga: