Bangunan raksasa anti bencana alam baru saja diciptakan oleh pria asal China, Liu Qiyuan. Pria ini membangun enam bola raksasa, dan mengklaimnya dapat dijadikan tempat berlindung saat terjadi bencana gempa bumi dan tsunami.

Liu memberi nama bola raksasa itu ‘Bahtera Nuh’ di Xianghe, provinsi Heibe, China (12/12). Liu tidak sendirian, karena ia dibantu para mantan pekerja pabrik yang juga tinggal satu desa dengannya. Untuk hasil karyanya ini, Liu menghabiskan dana cukup banyak, yaitu sebesar 2,8 miliar untuk enam banguanan tersebut. Dalam pembuatannya Liu dan rekannya menyelesaikan enam bola raksasa dalam waktu delapan bulan.

Rancangan bola anti gempa ini terlihat kokoh karena Liu mendesainnya dengan rangka baja yang diklaim anti benturan keras dan berbagai hantaman saat bencana alam terjadi. Dibagian luarnya dilapisi fiberglass agar saat terjadi gempa atau tsunami, benda ini dapat mengapung di atas air. Tak hanya itu saja inovasinya, bangunan anti gempa ini juga dilengkapi dengan boat, dimana nantinya saat terjadi bencana, bola-bola ini tidak hanya bisa mengapung, tapi juga bisa berjalan di atas air.

Bola raksasa tak hanya diklaim kuat dari berbagai hantaman, tapi juga nyaman dan bisa ditinggali sementara. Di dalam ruangan disediakan juga alat pendukung lainnya seperti tabung oksigen, sabuk pengaman dan tempat penyimpanan perbekalan. Untuk satu bangunan bola dapat menampung sekitar 14 orang, lengkap dengan kursi dan sabuk pengaman.

Karya baru Liu ini telah selesai dibuat dan diuji coba. Untuk pengujiannya bola-bola raksasa itu dilepaskan ke sungai di daerah Xianghe, Hebai, China (12/12). (foto : Reuters/ Peter Kujundzic).

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50973

Untuk melihat artikel Unik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :