KabariNews – Setelah sukses dengan film sebelumnya dengan judul yang sama, kini sekuel film Bulan Terbelah di Langit Amerika  2 kembali dipersembahkan bagi penonton yang sudah lama menunggu kisah kelanjutannya.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 produksi Max Picture mengangkat tema “Apakah Muslim Penemu Amerika?”. Film garapan sineas  kawakan Rizal Mantovani telah mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan ulama seperti Salahudin Wahid dan Ustadz Al Habsy, tokoh politik seperti mantan ketua MPR Amien Rais, dan bahkan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Perlu diketahui, bahwa stasiun TV turki, TRT (Turkish Radio and Television World) menayangkan berita tentang film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, dengan judul : Erdogan claim inspires film plot. Hal ini terkait dengan pernyataan Erdogan yang pernah menyatakan bahwa Muslim menemukan benua Amerika tiga abad sebelum Chistoper Colombus. Media Turki menafsirkan pernyataan inilah inspirasi ide film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2.

Dengan besarnya antusias yang diberikan untuk film ini, Ody Mulya selaku Produser MAX Picture mengaku senang dan berharap filmnya dapat memberikan inspirasi pada penontonnya. “Saya berharap film ini bisa dinikmati oleh masyarakat seluas-luasnya, karena muatannya yang begitu baik dan syarat pesan didalamnya dan sangat mendidik. Saya juga berharap bahwa film ini setidaknya memperoleh apresiasi yang lebih baik dari penonton film Indonesia, tak kalah dengan sekuel awalnya,“ ujar Odysaat acara Press Screening film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 di XXI Plaza Indonesia Jakarta Pusat, (03/12).

Penulis novel Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, Hanum Salsabiela Rais mengungkapkan, banyak pesan damai yang ingin disampaikan dirinya dan sang suami, Rangga Almahendra di film ini. “ Tujuan saya dan Mas Rangga hanya ingin memupuk rasa kebanggaan terhadap kalangan muslim. Saya dan Rangga, juga ingin berkata bahwa Amerika tak sekadar Las Vegas, Rugby, ini nih, ada kebesaran Islam juga di negara ini, “ ujar Hanum dalam siaran pers tertulis.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 ini dikisahkan saat Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya) berniat kembali ke Wina setelah menunaikan tugasnya. Bos Hanum memberi misi baru yang hanya bisa dipecahkan oleh Hanum dan Rangga, menelusuri jejak harta karun misterius para pelaut muslim China yang berlayar ke Amerika jauh sebelum Colombus tiba di Negeri Paman Sam  tersebut. Untuk itu Hanum dan Rangga harus terbang dari New York ke San Francisco. Hanum pun meminta Azima Hussein (Rianti Catrwright) karena Azima mempunyai sumber terpercaya untuk menemukan bukti-bukti tersebut. Tanpa mereka fahami, bahaya tengah mengincar dari pemburu harta karun. Padahal disisi lain, Azima dan anaknya, Sarah Hussein (Hailey Franco) tengah kalut menerima penolakan dari ibundanya (Ira Wibowo) yang belum bisa menerima keislaman putrinya dan tidak menyadari ada rahasia dari fragmen kehidupannya.

Sementara itu, Stefan (Nino Fernandez) yang dihimpit masalah putus cinta dengan Jasmine (Hannah Al Rashid) yang tengah hamil tertekan anatara 2 pilihan yang pahit yang harus diambil. Perjalanan dari titik terang masing – masing membuat satu demi satu terpecah belah, sehingga akhirnya menemukan makna setiap perjalanan tersebut dalam bingkai keajaiban Tuhan.

“Semoga apa yang akan menjadi pesan di film ini bisa semakin luas dipahami oleh masyarakat dunia, bahwa analisa ini memang berdasar dan memiliki aksen yang cukup kuat, “ kata Acha.

Hal senada juga disampaiakan Abimana Aryasatya. “ Film ini, begitu mulia pesan yang ada dibelakangnya. Terutama tentang pesan toleransi dan saling menghargai antar sesama manusia. Sehingga saya senang, jika diapresiasi dan terlebih pesannya sampai dan bisa diserap oleh penonton film dimanapun dan siapapun, “ ungkap Abimana. (Asban/Foto : Asban)