Mantan presiden pertama RI, Ir Soekarno dan mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta mendapatkan anugerah gelar kehormatan pahlawan nasional. Acara penganugerahan digelar di Istana Negara, Rabu (7/11) dan dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Penganugerahan gelar baru ini diwakilkan kepada ahli waris dari masing-masing keluarga. Sebelumnya gelar Pahlawan Proklamator, sudah melekat pada Bung Karno.

Anugerah pahlawan nasional tersebut disambut baik oleh keluarga Bung Karno, Puan Maharani salah cucu Bung Karno menganggap anugerah tersebut merupakan salah satu bentuk nyata penghargaan atas jasa Sang Proklamator Bung Karno terhadap negara dan bangsa.

Dia melanjutkan pihaknya berharap pemberian gelar Pahlawan Nasional pada Bung Karno menjadi momentum untuk mengingatkan kembali rakyat Indonesia tentang berbagai peran Bung Karno untuk mewujudkan kedaulatan bangsa Indonesia yang selama ini masih belum dimunculkan.

Puan mengatakan pihaknya mengajak semua masyarakat Indonesia, terutama pemuda pemudi bangsa, untuk mempelajari peran dan jasa Bung Karno. “Bung Karnolah yang mengingatkan kita semua bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” katanya.

Pemberian gelar terhadap Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Pahlawan Nasional merupakan usulan pemerintah dan pihak luar atas jasa pada negara, hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto yang merupakan Ketua Dewan Pemberi Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan.

Pemberian gelar pahlawan diperkuat dengan penerbitan surat Keputusan Presiden tentang pemberian gelar pahlawan, yang ditandatangani Yudhoyono setibanya di tanah air dari perjalanan dinas ke Inggris dan Laos, di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (6/11) sore.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50218

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :