KabariNews – Film Terbaik FFI 2014, Cahaya dari Timur: Beta Maluku, karya Angga Dwimas Sasongko akan ditayangkan di 60 Layar di Seluruh Indonesia. Penayangan film yang bercerita tentang 15 tahun perdamaian konflik Ambon ini merupakan bagian dari Festival Film-Film Toleransi yang diselenggarakan oleh Gusdurian sebagai bagian dari peringatan Hari Toleransi yang jatuh pada tanggal 16 Nopember 2015. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Gusdurian dan Visinema Pictures terhadap upaya menciptakan masyarakat yang lebih toleran.

Humas Seknas Gusdurian, Tata Khoiriyah, menuturkan dalam siaran persnya bahwa Seknas Gusdurian telah menyiapkan beberapa kegiatan kampanye untuk menyambut peringatan Hari Toleransi Internasional yang diperingati 16 November. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan festival film yang akan dilaksanakan dalam rentang waktu seminggu.

“Meskipun Hari Toleransi diperingati 16 November, tapi kegiatan kampanye dan lain-lain dilakukan selama rentang waktu seminggu (13-19 Nopember) sesuai dengan kemampuan teman-teman komunitas yang berafiliasi dengan Gusdurian.”kata Tata

Produser Film Cahaya dari Timur: Beta Maluku, Glenn Fredly juga menuturkan bahwa film ini penting untuk menggambarkan betapa pentingnya menanamkan nilai toleransi di masyarakat kita. “Film ini tentang orang-orang yang rindu akan perdamaian. Mereka bercerita dan bertutur dari perspektif yang lain, Indonesia saya rasa harus belajar dari apa yang dialami Maluku. Masyarakat perlu menonton film seperti ini sebagai pengingat untuk terus membangun rasa saling menghormati perbedaan dan toleransi. Meskipun film ini cerita tentang Maluku, kita bisa merefleksikannya untuk Indonesia.”

Cahaya dari Timur: Beta Maluku sebelumnya merupakan bagian dari Focus on Asia International Film Festival Fukuoka 2015, 11mm – The International Football Film Festival 2015, Los Angeles Asian Pacific Film Festival 2015, Casa Asia Film Week Barcelona dan berbagai festival lainnya. Selain Cahaya dari Timur: Beta Maluku, film lain yang akan turut ditayangkan oleh Gusdurian dalam rangka memperingati perayaan hari toleransi 2015 antara lain Les Homme Libres, PK, Bulan Sabit di Kampung Naga dan Di Bumi Tuhan. (1011)