KabariNews – Menderita radang tenggorokan mamang sangat tidak enak. Kondisi ini sering dikeluhkan banyak orang, karena sangat mengganggu. Untuk menelan makanan terasa nyeri, alhasil banyak penderita radang tenggorokan malas makan dan memicu sakit yang lebih lanjut.

Sebelum sakit tenggorokan berlarut, coba atasi dengan pengobatan alami. Sakit tenggorokan ringan bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami. Tidak perlu takut akan mengantuk usai meminumnya, karena bahan-bahan berikut aman dikonsumsi.

Madu

Honey

Gunakan madu asli untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Jika tidak terlalu suka dengan rasa manisnya yang khas, Anda bisa mencampurnya dengan minuman favorit, misalnya teh. Tambahkan dua sendok makan madu asli kedalam seduhan teh yang telah diberi sari lemon. Ramuan ini mampu mencegah infeksi pernapasan dan membantu mengeluarkan dahak pada sakit batuk. Sejak zaman nenek moyang, madu dipercaya dapat mencegah infeksi tenggorokan dan berkhasiat untuk menambah stamina.

Air Garam

air-garam

Berkumur dengan air garam juga berkhasiat. Bahkan khasiatnya sudah pernah diteliti di Universitas Cinnecticut, yang menyarankan segera berkumur dengan air garam untuk meredakan gatal dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.
Berkumur dengan air garam bermanfaat untuk mengencerkan dahak dan membunuh bakteri jahat di tenggorokan. Selain itu garam juga berkhasiat untuk meringankan bengkak atau peradangan yang terjadi di dalam tenggorokan.

Papermint

daun mint

Dari penelitian yang dilakukan Universitas Maryland, _papermin_t dapat digunakan sebagai obat alami sakit tenggorokan. Berdasarkan data laporan studi 2008, papermint mengandung anti peradangan, anti bakteri dan anti virus.

Sup Ayam

Sop Ayam

Beberapa orang percaya bahwa sup ayam dapat memerangi sakit tenggorokan. Bahkan semangkuk sup ayam hangat dapat pula berperan sebagai antibotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus. Buatlah sup ayam menggunakan bahan makanan yang kaya kandungan gizi seperti wortel, bawang putih, seledri, dan kentang. Semua bahan tersebut dikenal memiliki manfaat nutrisi yang berkhasiat unuk kesehatan.

Jahe dan Teh Madu

teh madu jahe

Secangkir teh panas dari jahe dan madu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan tenggorokan yang teriritasi gatal. Madu akan melapisi tenggorokan dan membantu mencegah iritasi, yang merupakan pemicu munculnya batuk.

Larutan Cuka Apel

larutan cuka apel

Minum larutan cuka apel. Larutan cuka apel dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Caranya, campurkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan cuka apel, dan 8 ons air hangat. Minum perlahan sebelum larutan dingin.