Anda bekerja keras untuk terlihat awet muda. Dari menutupi uban,  mengoleskan krim anti-penuaan dan melindungi wajah Ada dengan tabir surya dan topi bertepi lebar saat berada di luar.

Tetapi jika mengabaikan tangan Anda, tangan mungkin mengungkapkan usia yang sebenarnya atau bahkan membuat terlihat lebih tua. Tangan membutuhkan perlindungan dan perhatian.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat tangan dengan baik. Pelembab, tabir surya, dan perawatan lain dapat membantu Anda.

Pernah bertanya-tanya apa yang menyebabkan tangan menua? Jawabannya ditemukan dalam cara tubuh Anda berubah secara keseluruhan dari waktu ke waktu. Tetapi Anda dapat campur tangan dalam bagaimana hal itu terjadi.

“Kulit kering, bersisik, kuku rapuh , dan  bintik-bintik gelap akibat usia  dapat menjadi masalah seiring bertambahnya usia,” kata dokter kulit Amy Kassouf, MD .

Seiring bertambahnya usia, tangan kehilangan lemak dan elastisitas dan kulit kehilangan volume. Volume yang berkurang dan elastisitas yang menurun ini menghasilkan kulit tembus pandang yang berkerut dan mengembangkan bintik-bintik penuaan.

Bintik-bintik usia, juga disebut bintik-bintik hati atau solar lentigo, terjadi setelah paparan  sinar ultraviolet (UV)  dan dapat berwarna cokelat atau hitam. Mereka muncul di area yang paling sering terkena sinar matahari, saat melanin melimpah karena paparan sinar matahari. Anda bisa mendapatkannya pada usia berapa pun, terutama jika menghabiskan banyak waktu di luar ruangan.

“Tangan juga dapat mengembangkan penampilan kerangka karena Anda kehilangan lemak di beberapa tempat seiring bertambahnya usia,” kata Dr. Kassouf.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk  mencegah  dan melawan tanda-tanda penuaan pada tangan Anda. Dr Kassouf merekomendasikan sebagai berikut:

Melembabkan: Jangan biarkan tangan kering. Biasakan mengoleskan losion secara rutin pada siang hari dan setiap kali setelah mencuci tangan. Persediaan dan simpan sebotol pelembab di wastafel agar Anda tidak pernah melupakan aplikasi.

Lindungi kulit dan kuku Anda: Kenakan sarung tangan berlapis kapas saat berkebun atau saat membersihkan dengan sabun keras atau bahan kimia. Gunakan sabun ber-pH ringan untuk mencuci tangan. Cari versi ringan atau ultra-ringan. Dokter Anda mungkin memiliki lebih banyak rekomendasi jika Anda tidak yakin apa yang terbaik.

Eksfoliasi: Saat melakukan eksfoliasi tubuh atau wajah , jangan lupakan tangan Anda. Gunakan loofah yang lembut atau campuran gula, lemon, dan minyak alami untuk mengangkat kulit mati dan sel kulit mati dari bagian atas telapak tangan dan jari serta buku jari Anda. Jangan lupa untuk melembabkan segera setelahnya.

Kenakan tabir surya:  “Biasakan memakai tabir surya setiap hari,” katanya. “ Tabir surya spektrum luas   dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 50 atau lebih tinggi akan sangat membantu mencegah bintik-bintik penuaan dan kerutan.” Melindungi tangan dari sinar UV juga dapat mencegah tangan terlihat kurus dan keriput seiring bertambahnya usia. Dan jangan lupa bahwa saat Anda mengemudi, sinar UV masuk melalui jendela Anda.

Makan makanan yang sehat:  Diet seimbang dengan banyak vitamin  antioksidan  dan  asam lemak omega-3  memberi nutrisi pada kulit Anda dan membantu menumbuhkan kuku yang sehat. Jika diet Anda rendah protein, vitamin C, atau vitamin B kompleks tertentu atau jika Anda memiliki penyerapan yang buruk, kuku Anda dapat menjadi rapuh dan mudah mengelupas atau mengelupas.

“Pastikan untuk makan makanan seimbang yang penuh dengan makanan yang  baik untuk kulit Anda  yang mengandung vitamin untuk menutrisi tangan Anda dari dalam ke luar. Anda juga bisa mendapatkan multivitamin yang baik untuk diri Anda sendiri, ”kata Dr. Kassouf.

Jika tangan sudah terlihat lebih tua dari yang Anda inginkan, belum terlambat. Sebagian besar masalah dapat diobati untuk mengembalikan penampilan yang lebih muda.

Bintik-bintik penuaan  dapat diperbaiki dengan krim topikal yang dijual bebas atau diresepkan yang mengandung retinol atau asam retinoid. Jika ini tidak seefektif yang Anda inginkan, pengelupasan kimia atau perawatan laser di kantor dokter Anda dapat memberikan hasil yang lebih dramatis.

Tangan yang kurus dapat diisi dengan suntikan pengisi sintetis atau lemak tubuh Anda sendiri. Dan perawatan laser tertentu dapat merangsang produksi kolagen dan mengencangkan kulit yang kendur.

Untuk semua tanda penuaan,  tetap konsumsi vitamin dan tetap lembap, terlindung dari sinar matahari, dan terhidrasi. “Bicaralah dengan dokter tentang cara merawat tanda-tanda penuaan di tangan dan apa yang terbaik bagi Anda untuk mengobati kerusakan jangka panjang,” Dr. Kassouf menekankan.

“Kita semua lebih sering mencuci dan membersihkan tangan daripada biasanya,” kata Dr. Kassouf. “Hal ini dapat merusak fungsi penghalang kulit kita yang mengakibatkan kulit menjadi kasar, kering, dan meradang yang dapat meningkatkan penetrasi bahan kimia, alergen, dan infeksi lainnya.”

Ada dua jenis produk yang digunakan untuk membantu menyembuhkan kulit Anda. Yang pertama adalah humektan, bahan seperti asam hialuronat yang membantu mengikat air ke dalam kulit untuk melembabkannya. Kedua, ada produk yang mengandung lipid atau lemak yang merupakan emolien yang meningkatkan fungsi penghalang kulit, membantu mencegah semua hal yang tidak diinginkan keluar. 

“Keduanya penting sekarang lebih dari sebelumnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda dan terutama tangan,” tegas Dr. Kassouf.

Sumber foto: cocooncenter.co.uk

Baca Juga: