Hujan bukan menjadi halangan bagi kita untuk berolahraga. Ya! apalagi jika hujannya terus-menerus dapat membuat hari menjadi membosankan bagi sebagian orang karena tidak memungkinkan untuk berjalan-jalan atau taman mungkin dipenuhi air.

Tentu saja tidak berarti bahwa tidak ada cara untuk membakar kalori. Latihan di dalam ruangan dapat membantu rutinitas kebugaran tetap pada jalurnya. Salah satu cara untuk memotivasi diri agar tetap fit adalah dengan menghitung langkah. Target 10.000 langkah biasanya diikuti oleh para penggiat fitnes dan ini bisa dicapai dari batas rumah Anda.

“Tetap aktif selama musim hujan sangat penting, karena cuaca dapat dengan mudah menggoda kita untuk meringkuk dan tidur sebentar. Perubahan sehari-hari dapat dicapai melalui pilihan seperti naik tangga versus lift, dan mengingat untuk berjalan-jalan saat melakukan panggilan telepon atau saat menonton acara TV favorit Anda. Untuk pelari dan atlet lain seperti mereka yang bermain sepak bola atau kriket, dan pemula kebugaran, musim hujan adalah waktu yang tepat untuk bergabung dengan gym atau studio kebugaran dan fokus pada latihan kekuatan, peregangan, pemulihan, dan peningkatan fleksibilitas  yang akan memungkinkan Anda tampil lebih kuat dan lebih baik setelah Anda kembali ke luar ruangan, “kata Mallika Tarkas Parekh, pakar kesehatan dan kebugaran, MS, MPH,Pemilik Fisik 57 India.

Dr Ramniwas Gupta, Konsultan, Departemen Penyakit Dalam, Rumah Sakit Amrita, Faridabad menyarankan cara untuk mencapai target 10.000 langkah Anda saat hujan di luar.

1. Berjalan sambil menonton Acara TV

Salah satu pilihan adalah berjalan di dalam ruangan. Cukup berjalan di tempat sambil menonton acara TV, mendengarkan musik, atau berbicara di telepon. Ini mungkin tidak terasa seperti Anda pergi ke mana pun, tetapi langkah-langkahnya akan bertambah.

2. Menari sambil dengarkan lagu

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih dinamis, cobalah menari mengikuti musik atau mengikuti rutinitas aerobik. Kegiatan seperti zumba, skipping, jumping jacks, dan hopping juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk dilakukan di rumah.

3. Berjalan-jalan di ruangan atau apartemen

Jangan membatasi diri Anda hanya di ruang tamu. Anda juga dapat menjelajahi ruang dalam ruangan lainnya. Pertimbangkan untuk berjalan di lorong gedung apartemen. Lingkungan tertutup ini menyediakan banyak ruang untuk berjalan dan membantu Anda tetap kering saat Anda menghitung langkah Anda.

4. Jalan di treadmill

Jika Anda memiliki akses ke treadmill atau sepeda statis baik di rumah atau di gym, manfaatkan itu untuk berjalan di dalam ruangan.

5. Permainan bulu tangkis atau tenis meja

Selain itu, Anda dapat mengikuti permainan dalam ruangan seperti tenis meja, bulu tangkis. Aktivitas ini tidak hanya membuat Anda tetap aktif, tetapi juga menambah elemen menyenangkan pada rutinitas di dalam ruangan Anda

6. Membersihkan dan mengepel

Bahkan aktivitas sehari-hari seperti naik turun tangga, membersihkan debu, dan mengepel dapat menambah jumlah langkah Anda. Manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya dan teruslah bergerak sepanjang hari.

“Ingat, hujan seharusnya tidak menghalangi Anda untuk mencapai tujuan langkah Anda. Rangkullah opsi dalam ruangan dan temukan cara untuk tetap aktif dalam cuaca apa pun. Jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih berani, kenakan jas hujan, ambil payung, dan memulai perjalanan di mana setiap langkah menjadi tarian yang menyenangkan dengan alam. Namun, selalu pastikan Anda melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk permukaan yang licin agar tetap aman,” tutup Dr Gupta.

Sumber foto: verywellfit.com

Baca juga: