Bintang-bintang pencak silat Indonesia terus mewarnai jagad perfilman Hollywood. Kali ini, giliran pesilat andal Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhiyan dengan penampilannya di film John Wick: Chapter 3 – Parabellum. Dalam film tersebut, kedua pesilat asal Tanah Pasundan tersebut berperan sebagai Shinobi 1 dan Shinobi 2. Keduanya merupakan murid dari Zero, yang diperankan oleh aktor Mark Dacascos. Beberapa tahun terakhir, silat terlihat sangat diminati di dunia perfilman Hollywood. Sebut saja Cecep dan Yayan yang sebelumnya pernah terlibat di film Star Wars: The Force Awakens dan juga Iko Uwais dalam film Mile 22.

Poster (dok. Lionsgate)

Pada salah satu adegan film laga yang disutradarai oleh Chad Stahelski ini, karakter John Wick yang diperankan oleh Keanu Reeves melawan karakter Cecep dan Yayan itu dengan menggunakan sejumlah jurus silat dan juga dialog singkat dalam Bahasa Indonesia. Berbeda dengan musuh John Wick lainnya yang banyak menggunakan senjata api, Shinobu 1 dan Shinobu 2 menggunakan senjata tradisional Nusantara yang berupa karambit. Dalam sebuah wawancara dengan salah satu media online, Keanu mengungkapkan bahwa ia mengenal Cecep dan Yayan sebagai pesilat yang luar biasa dari penampilan mereka di film The Raid.

Nyata VS Maya

Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan Kabari News beberapa tahun silam, Cecep sempat menanggapi pandangan awam bahwa silat mengandung unsur kekerasan, ia berkata, “di silat harus ada kekerasan karena bagaimana kita bisa struggle dengan hidup kalau kita tidak belajar hal yang keras juga.”

Cecep dan Yayan bersama Chad (ki), Keanu (tengah), dan Dan (ka) (dok. Yayan Ruhiyan)

Meskipun mahir dalam bersilat di dunia nyata, Cecep mengaku harus mempelajari efek hiperbola aksi-reaksi yang ditunjukkan seorang aktor dalam adegan silat di layar lebar. “Walaupun hanya 50% atau 30% tenaga yang dikenakan, kita harus pikir bahwa tenaga yang dikenakan itu 100%,” ujarnya saat menjelaskan efek hiperbola yang dimaksudkannya. Menurutnya, gerakan silat dalam film juga sering kali dikembangkan dengan berbagai gerakan akrobatik yang ditampilkan sebagai pemanis.

 

Foto Cover Adegan Cecep dan Yayan di John Wick 3 (dok. Lionsgate)