Mengawali tahun 2023, penyanyi berbakat Kartika Wang resmi merilis mini album berjudul Satu Sepuluh. Di dalam mini album ini terdapat 5 lagu diantaranya Sepatu Putih, JUA Jangan Ukur Aku, Satu Sepuluh, Cinta Orang Biasa, Mencinta Hingga Terluka. 

Kartika Pertiwi atau lebih dikenal dengan “Kartika Wang” merupakan penyanyi bertalenta yang merintis karirnya sejak usia 9 tahun. Perjalanan karirnya sebagai penyanyi bermula dari guru TK-nya yang melihat potensi dalam dirinya. Karena sudah sering menjuarai banyak lomba menyanyi sejak usia dini, prestasinya dalam hal menyanyi menjadi pembuka jalan bagi karirnya hingga saat ini.

Kartika Wang mulai populer ketika mendapat penghargaan sebagai penyanyi wanita favorit dalam Chensing Mandarin Singing Competition pada tahun 2007. Event penghargaan tersebut disiarkan di televisi Indonesia yang membuat banyak masyarakat mulai mengidolakannya.

Tidak berhenti sampai disana, Kartika Wang juga bergabung dalam Universal Music Indonesia pada tahun 2016. Hingga saat ini, Kartika Wang dikenal sebagai penyanyi cantik dan anggun yang pandai membawakan lagu berbahasa Mandarin. 

Buktinya, lagu berjudul “Sepatu Putih” yang dirilis dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Mandarin pada tahun lalu begitu populer.

Mini Album bertajuk “Satu Sepuluh” menceritakan kisah perjuangan seseorang yang berjuang keras dari titik terendah dengan harapan yang kuat hingga akhirnya dia mencapai titik terbaiknya. 

Kisah tersebut lalu dituangkan dalam lirik lagu disertai aransemen yang syahdu ketika didengarkan.

Dibalik liriknya yang sedih dan melow, Kartika Wang ingin menunjukkan bahwa terdapat “hope” atau harapan yang ada dalam lagunya. Lebih lanjut, ia menjelaskan makna filosofis dari lagunya tersebut dengan menafsirkan melalui judul.

“Kalau dilihat dari judulnya “Satu Sepuluh” dimana satu adalah angka terendah, di album ini akan relate dengan titik terendah seseorang dan berproses sampai titik terbaiknya yaitu Sepuluh.” tutur Kartika Wang dalam akun instagram pribadinya @kartika_wang.

Satu difilosofikan memberi arti sebagai angka terendah yang mana dianalogikan sebagai titik terendah seseorang. Makna tersebut sangat relate, mengingat setiap orang tentu pernah mengalami titik terendah dalam hidupnya. Misalnya ketika kehilangan seseorang atau terpuruk dalam perjalanan karirnya.

Saat berada di titik terendah, tidak  jarang seseorang mengalami kesedihan yang berkepanjangan. Kerap kali juga ia menyalahkan dirinya sendiri atau keadaan yang dialaminya. 

Itulah mengapa Mini Album “Satu Sepuluh” hadir. Bukan hanya sekedar album, tapi juga bisa dijadikan sebagai teman perjalanan hidup yang cocok didengarkan ketika seseorang sedang terpuruk. Dengan adanya album ini, Kartika berharap bisa memotivasi seseorang untuk kembali bangkit dari keterpurukannya.

Proses tersebut diibaratkannya sebagai pergerakan dari angka satu (titik terendah) hingga angka sepuluh (titik tertinggi). Kartika percaya, setiap orang punya harapan. Meskipun dirinya terus-menerus dihantam oleh pahitnya keadaan, jika ia tidak berhenti berharap dan berjuang, maka kelak dia akan berada di titik tertinggi.

Mini Album Kartika Wang “Satu Sepuluh” cocok didengarkan ketika kamu sedang dalam keadaan terpuruk atau tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja. Melalui album ini, bait-bait liriknya yang penuh makna dengan aransemen yang menenangkan hati sangat ampuh menyalurkan segala kekesalan dan kekecewaan didalam hati.

“Ada hal yang menarik dibalik proses pembuatan Mini Album Satu Sepuluh yang membuat perspektif dan mindset aku dalam membuat lagu itu berubah. Tepatnya waktu menyelesaikan JUA Jangan Ukur Aku, aku kira akan memakan waktu yang lama dalam pembuatan 1 lagu, tapi ternyata selama ini pikiran aku tentang membuat lagu itu salah. Aku yang tadinya terlalu kecil menilai diriku dan selalu merasa tidak mampu, jadi bisa mematahkan hal-hal itu. And now, I did it! Gak ada yang gak mungkin, semua akan bisa kalau kita berusaha.”

Lebih lanjut, “kalau kamu merasa akan relate banget dengan lagu-lagu di album ini, stay tuned ya!” kata Kartika.

Karakter suara Kartika Wang yang lembut membuat Mini Album “Satu Sepuluh” sangat nyaman untuk didengarkan. Tak hanya itu, setiap lagu di dalam Mini Album yang dibawakannya ini juga selalu berhasil ia bawakan dengan baik. Sehingga setiap pesan yang ada di dalam lagu bisa tersampaikan ke pendengarnya.

Mini Album “Satu Sepuluh” bisa mulai didengarkan pada 12 Januari 2023.