KabariNews – Ke Maryland tidak mencicipi kepiting, belum sah. Ingin merasakan kepiting yang terkenal dan  enak di Amerika, Maryland tempatnya. Di sini kepiting yang populer adalah blue crabs, karena dagingnya yang manis dan empuk. Meski diolah menjadi segala macam makanan, Blue Crab paling favorit kalau dijadikan crab cake atau crab soup. Kalau hanya ingin menyecipi saja juga ada, kepiting dengan taburan Old Bay, mentega cair atau cuka saja.

Crab cake ini gampang ditemui dimana-mana termasuk di restoran-restoran kecil di Maryland. Sering pula ditemui di restoran Jepang yang dalam penyajiannya, Crab Cake digoreng dengan adonan tempura dan diberi alpukat. Cara memasak yang mudah, berkalori dan tak terlalu berlemak membuat kue ini jadi favorit. Apalagi bagi yang ingin mencoba kepiting tapi tidak mau repot membuka cangkangnya, Crab Cake jawabannya.

Meski cara memasaknya mudah, tapi kue ini bakal menggoyang lidah kalau diolah dengan blue crabs terutama bagian ‘jumbo lump’ dan ‘backfin’. Sebenarnya kepiting ini tidak hanya  ditemukan di Chesapeake Bay, Maryland tapi juga di Louisiana, Texas, Florida, North Carolina. Tapi kalau soal rasa, olahan dan terutama crab cake-nya, hanya Maryland jagonya. Kalau di Indonesia barangkali Blue Crabs ini mirip dengan Rajungan, karena rasa dagingnya yang lebih gurih. Hanya tempurung rajungan lebih keras dan kasar. Karena itu biarpun dicampur breadcrumbs (remah roti), mayones, telur, susu, bumbu lain untuk diolah jadi crab cake, rasa kepitingnya tetap kental.

Biarpun semua crab cake berbentuk sama tapi memiliki cara pengolahan yang berbeda. Mau dipanggang, ditumis atau digoreng, tidak masalah. Yang pasti hasilnya, campuran dari rasa manis, asin, renyah tapi tidak terlalu kering. Pada beberapa resep ada yang mencampurnya  dengan paprika sehingga sedikit lebih berasa pedas, sebagian mengolah dengan resep tradisional yang diturunkan secara turun-temurun tanpa campuran paprika. Kalau ingin sedikit lebih pedas dan asin, tambahkan Old Bay saja.

Old Bay yang diproduksi di Maryland ini memang bubuk khusus untuk menemani makan kepiting dan udang. Bahannya campuran dari paprika, lada, kayu manis, cengkeh, kapulaga , serta garam. Agar kue ini terasa lembut di lidah, mereka menumis dengan mentega dan minyak kacang. Itu juga salah satu cara untuk mengurangi kandungan lemak.

Kue ini disajikan dengan kentang goreng atau coleslaw serta potongan lemon untuk dikucurkan diatasnya bagi yang suka sedikit asam. Bagian yang paling susah saat membuat kue ini, adalah saat memilih mengambil daging kepiting karena harus hati-hati jangan sampai ada potongan tempurung atau jaringan keras lain yang masih tersisa.

Harga Crab Cake sedikit lebih mahal dibanding harga sepotong hotdog atau sandwich kalau kita beli di food stall atau restoran kecil. Satu porsi isi 4 kue kecil atau satu porsi isi satu kue besar harganya rata-rata $7.00. Di restoran besar harganya lain lagi, bisa melonjak dua kali lipat.

Tapi bagi yang suka kepiting atau ingin mencoba mencicipi dan mumpung di Maryland, tidak akan rugi. Di sini ditanggung semua kepiting domestik, segar tanpa pasteurisasi sehingga rasanya tidak amis. Saat diolah menjadi crab cake, daging jadi tetap kenyal. Jadi dimakan tanpa Old Bay, saus, atau mentega cair pun, tetap enak.  (riana k. liptak)