KabariNews – Terbayangkan rasanya durian, manis legit dan beraroma khas yang menggiurkan. Buah bercita rasa tinggi ini tidak heran jika punya peminat yang luar biasa banyak. Jadi mau dibuat olahan apapun rasanya pasti enak.

Bagi pecinta durian rasanya wajib mencoba cemilan dari durian yang satu ini. Ternyata daging buah durian tidak hanya enak dicampurkan pada kue dan minuman saja, tapi bisa juga diolah menjadi cemilan unik dengan rasa asyik.

Rasanya tidak jauh berbeda dengan durian aslinya, hanya saja diolah sedemikan rupa sehingga menghasilkan cita rasa masakan istimewa “durian goreng”. Cara mengolahnya tidak jauh berbeda dengan pisang goreng, yang diselimuti tepung dan digoreng.

Gigitan pertama memberikan sensasi luar biasa, daging durian lumer di dalam mulut sampai gigitan terakhir. kulitnya renyah. Jadi saat digigit sensasi olahan durian menyatu dengan gurihnya kulit (dibungkus dengan rice paper) yang menyatu dengan tepung pelapisnya.

Satu potong saja belum cukup untuk menjelaskan keistimewaannya. Perlu mencoba 2-4 potong supaya puas. Tidak semahal yang dibayangkan, satu potong “durian goreng” harganya Rp. 5000.

Di Jakarta, durian goreng jadi cemilan yang cukup diminati. Kurayu Resto punya menu favorit itu, setiap harinya banyak pelanggan yang datang untuk mecicipi atau bahkan kangen ingin coba lagi. Sejak dibuka Februari 2010, durian goreng sangat digemari.

“Durian goreng diadopsi dari resep luar, kami belajar untuk mengembangkannya dengan memodifikasi resep yang sudah ada” papar Isabel pemilik Kurayu Resto.

Jenis durian yang digunakan tentunya jadi penentu rasa, namun karena durian tumbuh musiman, kadang jenis durian yang digunakan disesuaikan musim durian. “Tentu saja bisa menggunakan jenis durian manapun, yang
membedakan adalah citarasa dan aroma dari buah durian,” jelasnya.

Proses pengolahan cukup cepat, hanya tiga menit sampai durian goreng siap dihidangkan. Hmm, penasaran?

Seger, minum Es ‘Rainbow’

Rasanya kurang lengkap jika ‘nyemil’ tanpa minuman segar. Masih di Kurayu Resto, hidangan minuman pun bervariasi, namun pilihan jatuh pada Es ‘rainbow’ atau yang berarti pelangi.

Es ‘rainbow’ merupakan perpaduan antara buah semangka, melon dan biji selasih. “Tentu saja nama ‘rainbow’ yang berarti pelangi ini, digunakan karena sewaktu Anda melihat ke mangkuk, timbul rasa tenang saat melihat warna-warni buah dan perasaan segar sewaktu Anda menyantapnya” terang Isabel.

Satu porsi es rainbow bisa jadi pilihan untuk pelepas dahaga saat udara panas menyengit. (Pipit)