Peraturan baru dari Department of Homeland Security (DHS) mengenai perubahan dalam proses deportasi telah menimbulkan banyak pertanyaan dan juga membuka pintu untuk penipuan oleh notary, immigration consultant and orang lain yang mengambil kesempatan untuk cari keuntungan dari para imigran.

Banyak diantara imigran yang bertanya apakah mereka dapat mendaftar untuk merubah status imigrasi atau apakah mereka bisa menyerahkan diri ke petugas imigrasi untuk mendapatkan work permit.

Sebenarnya peraturan baru dari DHS hanya merujuk ke perubahan administrasi (administrative change) mengenai bagaimana menanggapi kasus deportasi yang sudah  ada dalam sistem (already in the system). Sangatlah penting para imigran untuk mengerti fakta agar bisa menghindari penipuan.

Fakta yang dapat bantu menghindari penipuan:

  • Peraturan DHS ini bukan amnesty dan tidak memberikan legal status (green card)
  • Jangan percaya sama mereka yang bilang dapat membantu Anda untuk daftar minta work permit atau mendapatkan legal status
  • berdasarkan peraturan DHS tanggal 18 Agustus, 2011
  • Jangan menyerahkan diri ke petugas imigrasi dan berharap untuk mendapatkan work permit. Tidak ada cara yang aman (safe) untuk menyerahkan diri dan minta work permit. Tidak ada jaminan pasti yang kasus deportasi Anda akan ditanggapi “low priority”, Anda akan mengambil risiko penangkapan bahkan deportasi.
  • Konsultasi dengan lawyer imigrasi mengenai kasus anda, jangan minta advis dari notary atau immigration consultant.

1. Arti Peraturan Department of Homeland Secuirty (DHS) 18 Agustus, 2011

Administrasi dari Presiden Obama telah membentuk tim kerja yang terdiri dari pegawai Department of Homeland Security dan Department of Justice yang bertugas untuk:

  • Tinjau (review) semua kasus deportasi yang sudah masuk di immigration courts. Kasus yang dianggap “low priority” mungkin di tutup (administratively closed). Kasus yang dianggap “high priority” akan dituntut dengan lebih agresif
  • Tidak ada peraturan atau jaminan yang kasus deportasi tertentu dapat dianggap “high” atau “low” priority. Tidak ada seorangpun yang dapat bilang kalau kasus deportasi Anda itu “low priority”, hanya otoritas imigrasi (immigration authority) yang akan mengambil keputusan ini.
  • Kemudian hari immigration authority akan meninjau kasus yang belum ditempatkan di removal proceeding. Kasus yang “low priority” mungkin tidak akan di ajukan ke immigration court.
  • Bentuk pedoman umum membantu petugas USCIS (immigration courts), CBP (border patrol), dan ICE untuk ambil keputusan yang baik siapa dapat dimasukan di removal proceeding.
  • Keluarkan petunjuk untuk cara pemberian kebijaksanaan dalam kasus yang sudah dalam final order of removal.


Perlu diingat yang peraturan DHS tanggal 18 Agustus ini masih dalam tahap permulaan dan belum ada implementasi. Detil mengenai proses peninjauan dan kasus mana yang dapat dianggap “low priority” masih belum diputuskan.

Jangan coba hubungi otoritas imigrasi, saat ini tidak ada formulir pendaftaran, tidak ada ongkos pendaftaran dan tidak ada petunjuk dari otoritas imigrasi mengenai cara peninjauan kasus.

Peraturan DHS ini bukan berarti semua kasus yang ditanggapi “low priority” akan ditutup dan diberikan work permit. Peraturan DHS hanya menyatakan yang kalau kasus ditutup (administratively closed) imigran dapat kesempatan melamar untuk work permit (Employment Authorization Document). Tetapi belum ada detil atau petunjuk bagaimana cara minta work permit dan siapa yang layak mendapatkan work permit.

2. Arti Administrative Closure

Administrative Closure hanya berlaku untuk mereka yang kasusnya sudah dihadapan immigration judge. Bila kasus di tutup (administratively closed) artinya kasus sudah tidak aktif dan tidak ditindak lagi. Kasus dapat dibuka kembali kalau pemerintah atau imigran minta kasusnya diaktifkan lagi. Imigran yang kasusnya sudah ditutup (administratively closed) akan tetap tinggal dalam removal proceedings. Administrative closure bukan legal status, ini hanya penangguhan sementara dari kasus imigrasi.

3. Arti Removal Proceeding 


Pemerintah A.S. secara rutin menaruh aliens di removal proceedings. Removal Proceedings berarti pemerintah A.S. berniat untuk memulangkan (deport) Anda dari Amerika. Tindakan

hukum ini bisa disebabkan karena overstaying visa; pemalsuan dokumen; kriminal aktifitas. Setelah Anda ditahan dan masuk detention, proses dari removal proceeding dimulai dengan pengeluaran dokumen Notice to Appear (NTA) yaitu sebuah dokumen yang berisi tuduhan imigrasi terhadap Anda dan tanggal masuk sidang untuk berhadapan dengan Immigration Judge.

Jikalau Immigration Judge tentukan yang Anda bisa dipulangkan (deport) maka Anda diberikan kesempatan untuk minta peringanan imigrasi (immigration relief). Beberapa tipe dari immigration relief yang paling banyak digunakan Cancellation Removal, Adjustment of Status dan Asylum.

Courtesy of:

Indonesian Immigrants Project (Inimpro)
Reformed Church of Highland Park, New Jersey
Badan Kerjasama Gereja-gereja Indonesia di California Selatan (BKS-GICS)

~ Agustus 2011 ~


Tujuan dari artikel diatas memberikan informasi untuk warga Indonesia di Amerika yang sedang menunggu penyelesaian kasus imigrasi mereka. Artikel diatas tidak ditujukan sebagai pengganti dari advis atau konsultasi dengan lawyer imigrasi. Peraturan Imigrasi A.S yang menyangkut asylum sangat rumit dan berbelit, hanya immigration lawyer yang dapat membantu urus kasus imigrasi. Materi untuk artikel dikumpulkan dari berbagai sumber di Internet.

Indonesian Immigrants Project (Inimpro) adalah organisasi sukarela di Los Angeles yang berusaha untuk membantu warga Indonesia di A.S yang bermasalah dengan imigrasi dan sedang menunggu penyelesaian dari kasus imigrasi. Inimpro berkerja sama dengan warga, gereja dan organisasi masyarakat Indonesia di A.S, terutama daerah Los Angeles. Organisasi Inimpro, dikoordinir oleh Iska Mailangkay, bergerak sebagai non-profit organization yang tidak berkaitan (independent) dengan lawyer, pemerintah A.S, ICE, DHS, pemerintah Indonesia, gereja atau organisasi masyarakat manapun. Koordinator Iska Mailangkay bukan lawyer, paralegal atau konsultan imigrasi.


Ingin Download PDF File untuk Informasi ini, Silakan Klik Disini

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37558

Untuk melihat artikel imigrasi Amerika lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :