KabariNews – Fakta unik terjadi di tiga desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dimana mayoritas warga setiap harinya tidur beralaskan pasir. Bukan berarti mereka tidak mampu untuk membeli kasur sebagai alas tidurnya. Namun ini sudah menjadi tradisi, konon sejak zaman nenek moyang mereka meyakini tidur diatas pasir dapat menyembuhkan penyakit seperti rematik dan pegal linu.

Ketiga desa yang dimaksud adalah Desa Dapenda, Desa Legung Timur dan desa Legung Barat, yang terletak di Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura. Hampir semua warganya menggunakan pasir sebagai alas tidurnya. Pasir diambil dari lokasi yang terletak di dekat Pantai Lombang. Pasir pilihan itu ditempatkan di sudut kamar rumah, di ruang istirahat, bahkan di dapur.

Tradisi ini sudah berlangsung selama ratusan tahun secara turun-temurun. Bahkan kebanyakan anak di Desa Legung dilahirkan di atas pasir juga. Jadi, sedari kecil mereka memang sudah akrab dengan kasur berpasir. Mereka lahir, bermain, bertumbuh, berkembang, dan menjadi dewasa di atas pasir. Tak heran beberapa orang yang sudah mengunjungi tempat ini menyebut mereka sebagai ‘manusia pasir’.

Warga desa yang mayoritas nelayan ini mengaku lebih merasa nyenyak dan nyaman tidur di atas pasir dibandingkan tidur di kasur pada umumnya. Salah satunya Ahmad Riski, warga Desa Legung Timur yang mengatakan, tidur beralaskan pasir sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat setempat. Ia sejak kecil sudah tidur di atas pasir.

“Jika dibandingkan tidur diatas kasur, saya lebih memilih tidur di atas pasir. Lebih empuk, apa lagi pasirnya lembut” kata Riski dengan logat Maduranya yang khas. “Pokoknya tidur di atas pasir tidak bisa dibandingkan dengan tidur di atas kasur mana pun, kalau tidak percaya, silahkan coba” imbuhnya.

Uniknya lagi pasir yang digunakan sebagai kasur bertekstur sangat halus dan lembut. Saat digunakan untuk rebahan memberikan efek sejuk dan nyaman. Butiran-butiran pasir di desa ini juga tak lengket di kulit saat beranjak dari kasur. Untuk menjaga kebersihan, kasur-kasur pasir ini selalu dijemur secara rutin. Selain itu pasir juga akan diganti selang beberapa waktu digunakan. Sebelum digunakan pasir akan diayak untuk memastikan tak ada batu atau benda berbahaya lain di dalamnya. Cara merawatnya, pasir dijemur agar tak basah atau lembab.

Bagi mereka kenyamanan istirahat menjadi yang utama. Kebiasaan ini akan menjadi tradisi yang akan terus dilestarikan. Anda penasaran ingin mencoba sensasi tidur di atas pasir? Silakan datang dan mencoba.