KabariNews – Dalam rangka mempromosikan Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata, festival pariwisata dan budaya Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 akan digelar.  Bertempat di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, acara yang berlangsung  pada 20 – 26 Juli 2016 ini akan melibatkan 16 provinsi.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi  membuka Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016  di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat, (15/7).

Menteri Pariwisata memberikan apresiasi atas penyelenggaraan acara yang akan mempertunjukkan pesona berbagai daerah di Indonesia termasuk pesona Bangka Belitung yang kini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

“Bangka Belitung banyak menarik perhatian wisatawan sejak digunakan dalam setting film Laskar Pelangi. Sejak itu, keindahan pantai yang ada di sana mendapat sorotan yang lebih banyak dari sebelumnya. Kami mengapresiasi terselenggaranya acara yang bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata ini” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar menambahkan, Bangka Belitung memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Banyak pantai indah yang belum banyak terjamah manusia yang bisa dikunjungi di sana. Selain itu, keragaman budayanya juga menarik.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Rustam Effendi yang hadir dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Provinsi Bangka Belitung layak menjadi destinasi wisata kelas dunia.

“Terkait kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung yang terus meningkat, hal ini tidak terlepas dari momen kunjungan wisatawan besar-besaran ke Bangka Belitung saat peristiwa GMT 2016,” Jelas Rustam.

“Hal ini akan terus dijaga, antara lain dengan mengadakan secara terus menerus event-event besar yang menarik dan unik. Salah satu diantaranya adalah apa yang akan dipentaskan di Pangkal Pinang, ibukota provinsi kepulauan Bangka Belitung, berupa Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016” tambahnya.

Adapun beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain  Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, yakni Seleksi Tari Serumpun Sebalai, Festival Tari Nusantara dan serangkaian acara hiburan seperti penampilan artis Ibu kota, pertunjukan musik, percusion SMU Pakal Pinang, sulap, Defile peserta Parade Tari Nusantara, serta penganugerahan penampilan terbaik.

Artis ibu kota yang akan tampil pada saat acara ini, yakni Aura Kasih dan Wita Band yang merupakan Band terbaik asal Bangka Belitung. Selain itu juga ada penampilan pesulap terbaik asal Bangka Belitung yang bernama Toni dan Yoko. Mereka berdua juga merupakan peraih Medal Of Merlin tahun 2016 dari Lembaga International Magician Society. (1011)