KabariNews – Sineas tanah air kini kembali menoreh prestasi, film drama dengan latar belakang politik “ A Copy of My Mind”  berhasil masuk seleksi Toronto International Film Festival (TIFF) dan akan ditayangkan pada pertengahan bulan September 2015.

TIFF adalah salah satu film festival terbesar dan prestisius di Dunia, setiap tahunnya dihadiri oleh  sekitar 400.000 orang, 4000 diantaranya adalah pekerja film.

A Copy of My Mind merupakan produksi perdana dari rumah produksi Lo-Fi Flicks bekerja sama dengan CJ Entertainment dari Korea Selatan, di Produseri oleh Tia Hasibuan dan Uwie Balfas dan dibintangi oleh Tara Basro, Chico Jerikho , Ario Bayu, Maera Panigoro dan Paul Agusta.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, A Copy of My Mind juga berhasil masuk dalam kompetisi Venice Film Festival  di Italia 2015 dan akan di putar awal September 2015. Venice Film Festival merupakan Festival tertua di Dunia dan dianggap sebagai Festival Film yang sangat bergengsi, maka TIFF dikenal sebagai salah satu Festival Film terbesar di Amerika Utara.

A Copy of My Mind sendiri mengisahkan sepasang kekasih, perempuan yang bekerja di  salon dan seorang laki-laki penerjemah  DVD bajakan di Jakarta, keduanya bertemu dan saling jatuh cinta. Tapi sepasang  kekasih ini tidak sengaja harus berurusan dengan dunia politik yang mengancam hubungan mereka.

Film yang dibintangi Chico Jerikho dan Tara Basro ini adalah film kelima yang ditulis dan disutradarai oleh Joko anwar yang menggunakan gaya cerita berbeda dari film-film Joko Anwar sebelumnya.  A Copy of My Mind dibuat se-natural mungkin disegala aspek, sebagian besar set adalah lokasi yang sebenarnya dan sebagian besar pemain pendukung adalah orang yang tinggal atau bekerja di  tempat langsung penggarapan film.

“Saya ingin A Copy of My Mind jadi tim Capsule Jakarta, Indonesia, Sekarang. Jadi nanti kita bisa melihat situasi Indonesia yang sebenar-benarnya saat ini, kapan saja kita mau melihat kebelakang” ungkap  Joko dalam Konferensi Pers di Plaza Indonesia, Jumat, (21/8).

Sebelum pembuatan film di mulai, A Copy of My Mind telah memenangkan Predikat salah satu proyek film terbaik di Asian Project Market, Busan International Film Festival 2014. CJ Entertainment memberikan hadian berupa uang sebesar  USD 10.000 sebagai bantuan dana produksi.

Keberangkatan A Copy of My Mind di dua festival film bergengsi ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  Direktorat Jenderal Kebudayaan khususnya Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya memberikan dukungan melalui program fasilitasi kegiatan kebudayaan di luar negeri. Saat ini program tersebut memberikan prioritas pada festival-festival bergengsi.

“Saat ini kami memberikan perhatian khusus pada festival-festival bergengsi di luar negeri karena dapat menajdi wadah yang strategis untuk melaksanakan diplomsi Indonesia melalui kebudayaan. Festival Film Venice tidak diragukan lagi sebagai Festival Bergengsi. Festival ini merupakan salah satu yang tertua dan termasuk dalam “ big three” Festival Film Dunia bersama Festival Film Cannes dan Berlin”, ungkap Kacung Marijan. (1011)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79468

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2