Film NoahFilm Noah yang dibintangi aktor Russel Crowe dilarang tayang di Indonesia. Film ini dipastikan tak boleh diputar di bioskop-bioskop yang ada. Keputusan ini dibuat Lembaga Sensor Film (LSF). Anggota LSF, Zainut Tauhid Sa’adi) mengatakan siapa pun yang memaksa memutar film ini akan dikenakan sanksi sesuai UU.

“Jadi segala bentuk tayang harus ada izin tayang. Bila melanggar akan dikenakan pelanggaran UU,’ jelas dia. Zainut menjelaskan keputusan yang diambil LSF setelah melihat film ini. “Sesuai dengan Undang-undang, kita tidak ingin ada film yang menimbulkan reaksi dan kontroversi di masyarakat. Intinya memang film ini mengandung unsur SARA,” urainya.

Film Noah juga dilarang edar di Qatar, Bahrain dan Uni Emirat. Tiga negara di jazirah Arab ini melarang peredaran film Hollywood, Noah. Ketiga negara yang melarang atas dasar agama itu adalah Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab.

Film yang direncanakan tayang perdana pada 28 Maret mendatang ini berkisah tentang Nabi Nuh yang berusaha menyelamatkan keluarga dan hewan-hewan dari banjir bah. Kisah ini sangat dihormati oleh umat Yahudi, Kristen, dan Islam. Bahkan, Al-Quran mengisahkan cerita ini dalam satu bab tersendiri.

Otoritas tertinggi  Islam Sunni dan pusat utama ajaran Islam Al-Azhar di Kairo juga mengeluarkan fatwa terhadap film ini. Mereka berkeberatan atas setiap tindakan yang menggambarkan utusan, nabi-nabi Allah, dan para sahabat Nabi Muhammad SAW. “Mereka memprovokasi perasaan para penganut,” demikian pernyataan dalam fatwa tersebut. Jerry A. Johnson, Presiden National Religious Broadcasters (NRB), kelompok konservatif, mengatakan dia memastikan semua orang yang melihat film ini tahu ini adalah interpretasi imajinatif dari Kitab Suci, dan tidak literal.

Sebelumnya, Darren Aronofsky menegaskan jika film besutannya ini hanya ‘terinspirasi’ bukan ‘mengambil kisah’ dalam Kitab Suci. “Sementara ada banyak aspek artistik yang disertakan, kami percaya bahwa cerita yang ada menampilkan esensi, nilai-nilai, dan integritas dari kisah yang telah banyak diyakini oleh banyak orang” katanya. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62606

Untuk melihat artikel Amerika / Film lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

JDF