KabariNews, Dunia perfilman di Indonesia kembali disemarakan dengan hadirnya film komedi remaja yang kental akan pesan moral dan nasionalisme yang kemudian mencair dengan suguhan kehidupan sehari-hari seorang anak manusia.

Film yang disetting di kota Surabaya dan menggunakan dialek khas Suroboyo-an ini, menjadikan kisah para tokohnya terasa begitu nyata dan mengalir apa adanya.

Diceritakan seorang anak gadis putus sekolah tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bernama Nina yang mencoba mengadu nasib di Surabaya karena terhimpit situasi ekonomi. Nina berniat mengikuti jejak Vivi temannya yang terlebih dahulu bekerja sebagai wanita tuna susila di kota Surabaya.

Namun sebelum niatnya terwujud, di hari pertama saat akan menjajakan diri pada lelaki hidung belang, Nina harus berlari dari kejaran petugas yang akhirnya terjebak di sebuah asrama pelatihan Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka). Di sanalah Nina bertemu dengan seorang pria tua bernama pak Sakiran seorang pelaku sejarah, mantan anggota Tentara Pelajar yang membuat Nina ingin mengibarkan bendara merah putih pada suatu upacara.

Di dalam asrama Paskibraka, Nina banyak menemui pengalaman baru yang mengajarkan untuk lebih menghargai hidupnya saat ini. Dan di sanalah Nina telah menemukan jati dirinya yang sebenarnya.

“Memang diperuntukan untuk menumbuhkan jiwa dan semangat nasionalisme pada remaja,” kata Ody C. Harhap, Sutradara film Siap Gan! saat meet and greet CGV BG Junction Surabaya, Rabu (12/11).

Sutradara spesialisasi drama komedi ini, juga dapat mengisi kekosongan peran dengan sajian komedi yang penuh gelak tawa agar dapat menginspirasi generasi muda Indonesia.

Sementara itu, Rini Mentari pemeran Nina mengakui bahwa dirinya baru pertamakali mendapat peran utama di film layar lebar. Hal itu menjadi pengalaman pertama bagi pelantun lagu “Cinta Harus Dijaga” meski sempat merasa kesulitan karena sama sekali tidak memiliki dasar.

“Awalnya doang yang kaya beban, tapi lama-lama teratasi. Aku sudah berusaha semaksimal mungkin dan mudah-mudahan hasilnya lebih baik,” tutur Rini Mentari.

Penyanyi kelahiran Medan ini pun rela kulitnya menjadi gelap saat menjalani latihan peran menjadi seorang pengibar bendera karena harus berpanas-panasan di bawah terik matahari demi film Siap Gan!.

Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berkomentar setelah menonton film Siap Gan!, memang tantangan anak muda sekarang cukup berat, apalagi di era digital. Mereka asyik dengan kehidupannya sendiri tanpa melihat kanan dan kirinya.

“Padahal kita bisa hidup seperti sekarang ini tidak lepas dari perjuangan panjang para pahlawan kita, orangtua kita, dan guru-guru kita,” ungkap Imam Nahrawi.

Menpora beharap, anak muda harus nonton film ini. Agar tahu dari mana kita berasal dan bagaimana pengorbanan kita untuk merah putih.

Film Siap Gan! diproduksi oleh PT. Muara Prima Entertaiment, penulis cerita Ody C, Harahap dan Raditya, Rini Mentari, Qousar Harta Yudana sebagai Prabu, Yama Carlos berperan sebagai Langga, dan produser Carlos Sihombing.

Sementara Soundtrack film lagu Merah Putih dari group band Kotak yang diciptakan oleh Cella, Chua, Tantri, dan Pay.