KJRI HoustonSelebrasi pemilihan umum baru saja dirayakan serentak di seluruh Indonesia kemarin (9/4). Hasil penghitungan cepat yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei menempatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki posisi pertama, diikuti dengan Partai Golkar dan Gerindra di posisi ketiga. Walaupun masih banyak terjadi  kekurangan dalam pelaksanaan pemilu legislatif di beberapa tempat, namun secara umum perhelatan pesta demokrasi kali ini berlangsung aman, tertib dan lancar. Tidak hanya pelaksanaan pemilu, kelancaran juga terjadi pada tahap penghitungan suara di berbagai TPS di berbagai wilayah nusantara.

Jauh ratusan mil di belahan dunia lain, euforia demokrasi juga menjamah para masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat. Lebih dulu empat hari sebelum pemilu legislatif yang dilakukan di Indonesia, banyak dari mereka antusias memilih wakil rakyatnya yang nanti duduk di senayan maupun kursi DPRD dan DPD. Berikut  ini kondisi pemilihan umum di tiga kota besar di Amerika Serikat yang dilaporkan oleh kabarinews.com.

Pemilu di San Fransisco

KJRI San Fransisco 1Sabtu cerah di San Fransisco secerah suasana yang terpancarkan oleh mereka para pemilih saat kabarinews.com bertandang ke TPS yang berada di KJRI San Fransisco yang terletak di 1111 Colombus Ave, San Fransisco. Rasa antusiame ditunjukkan dari para pemilih yang saat itu siap dengan jari tangannya yang nanti akan “dilumasi” oleh tinta. Semua berjalan dengan lancar dan terbit, dari awal pencoblosan pukul delapan pagi sampai tutupnya TPS pukul sepuluh malam.

“Animonya cukup lumayan karena banyak masyarakat Indonesia disini mempunyai kesadaran politik yang tinggi. Banyak dari mereka yang merasa dirinya harus membangun kehidupan politik dan bermasyarakat di Indonesia. Pun dengan rasa ingin tahu yang jauh lebih baik dibanding pemilu sebelumnya, termasuk faktor teknologi yang juga berpengaruh karena caleg-caleg yang akan mereka pilih dapat dilihat di Internet” kata Asianto Sinambela (Konsul Jendral RI San Fransisco).

KJRI San Fransisco 2Asianto Sinambela menambahkan pemilu di wilayah kerjanya berbeda dengan pemilu sebelumnya karena saat ini  kedatangan banyak ABK (Anak Buah Kapal) yang kerja di kapal pesiar. “Kalau dihitung-hitung ada sekitar 4.900 orang yang sekarang base-nya di Seattle” kata dia. Dan sebagai wujud tanggung jawabnya, dua minggu sebelum hari pencoblosan, pihaknya telah mengirimkan surat suara kepada mereka karena Seattle seperti yang dikatakannya, masuk dalam wilayah kerja San Fransisco.

Di San Fransisco sendiri terdapat kurang lebih 14.000 ribu orang Indonesia, tetapi Asianto mengatakan yang berhak memilih dalam pemilu kali ini sebanyak 5.100 sampai 5.200 kepala, jadi  ditambah ABK kapal jadi bertambah 10.000-an. “Yang datang disini hanya sebagian kecil saja karena banyak juga yang melakukan melalui pos, kami sebelumnya mengimkan surat suara itu kepada mereka yang berhak memilih melalui pos-pos surat”tutur Asianto Sinambela.

Pemilu di Houston

Sedangkan di Houston, dari data yang diperoleh dari KJRI Houston disebutkan sebanyak 4.538 warga negara Indonesia menggunakan hak pilihnya dalam pemilu legislatif di KJRI Houston, Amerika Serikat.  Tak berbeda dengan pemilu di San Fransisco, banyak dari pemilih yang menggunakan jasa pos dengan jumlah 3.764 pemilih menggunakan jasa pos sedangkan sisanya sebanyak  784 pemilih datang langsung ke TPS.

Sudah 253 warga yang menggunakan hak pilihnya untuk memilih wakil mereka di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).  Masyarakat Indonesia di Houston dan sekitarnya secara antusias  mulai mendatangi KJRI Houston untuk memberikan suaranya. Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) KJRI Houston membuka 1 buah TPS untuk mengakomodir 784 orang calon pemilih langsung. Sementara sekitar 3754 orang calon pemilih lainnya akan melakukan pemungutan suara melalui pos.

Dari hasil penghitungan akhir yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) KJRI Houston, PDIP berhasil memperoleh suara terbanyak dengan 180 suara. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menduduki posisi kedua dengan 90 suara, sementara posisi ketiga dipegang oleh Partai Gerindra dengan 37 suara. Urutan selanjutnya adalah sebagai berikut: Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh 23 suara; Partai Demokrat memperoleh 13 suara; Partai Nasional Demokrat memperoleh 10 suara; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 7 suara; Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar masing-masing memperoleh 6 suara; Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sama-sama memperoleh 2 suara; sementara Partai Bulan Bintang (PBB) tidak memperoleh suara.

Pemilu di New York

KJRI New York 1Di jantung negeri Paman Sam, New York, situasi pemilihan umum di sana digambarkan oleh Joutje Kaunang, orang Indonesia yang sudah  tinggal selama 28 tahun  di Amerika Serikat yang kebetulan ikut berpartisipasi dalam pencoblosan pemilu legislatif. Joutje mengatakan kepada Kabarinews.com, suasana pencoblosan berlangsung tertib dan lancar, seperti yang dilihatnya di salah satu TPS (Tempat Pemilihan Suara) yang bertempat di KJRI New York, 5 East 68th Street, New York.

Joutje Kaunang mengatakan WNI disana  yang memilih  ada yang  datang langsung ke KJRI, ada pula yang melalui Pos.  Proses pemilihan suaranya sendiri dilakukan dari  pagi  hingga jam 10 malam waktu New York. “untuk di New York-nya ini baru kali pertama kali saya mencoblos, walau saya juga pernah jadi PPLN (Panitia Pemilu Luar Negeri), tetapi itu 15 tahun yang lalu” kata dia

KJRI New YorkHanya saja menurut pantauannya, para pemilih yang datang langsung ke KJRI New York  menurutnya tidak serempak. Joutje mengatakan mungkin karena para pemilihnya sedang bekerja jadi tidak serempak datangnya. “Namun pihak PPLN bersedia untuk menunggu hingga jam 10 malam, setelah itu TPS pun ditutup,” tutur dia. Di hari penghitungan suara di TPS KJRI New York yang  dilakukan pada tanggal 9 April 2014, didapat hasil PDIP menduduki peringkat pertama dalam perolehan suara terbanyak, diikuti dengan Gerindra dan PKS. (1009)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62874

Untuk melihat artikel Amerika / Exclusive lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :