Minggu (19/4), Dalam rangka memperingati “Hari Bumi (earth day)”, sekelompok pecinta lingkungan yang tergabung dalam komunitas Jakarta Green Monster melakukan aksi bersih-bersih kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke.

Kawasan yang memiliki luas 25.05 hektar ini merupakan suaka margasatwa satu-satunya yang masih tersisa di Jakarta di tengah deru pembangunan.

Kawasan Margasatwa Muara Angke menjadi habitat 28 jenis burung air dan 63 jenis burung hutan, salah satunya burung Bubut Jawa (Centropus Nigrorufous) yang menjadi burung endemik pulau Jawa yang kondisinya di ambang kepunahan, serta tercatat populasinya saat ini tidak lebih dari 10 ekor.

Acara yang mengangkat tema “Bersih-Bersih Bakau” itu dihadiri Duta Besar Amerika Cameron R Hume dan selebriti yang peduli terhadap lingkungan seperti Nugie, Nadine Chandrawinata dan Kresna Mukti.

Cameron R Hume turut melakukan aksi bersih-bersih kawasan margasatwa Muara Angke dengan menaiki perahu karet dan mengumpulkan sampah-sampah.

Acara yang melibatkan siswa-siswi sekolah dan masyarakat ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 1.246 kg dalam waktu kurang dari 30 menit.

Nugie yang telah lama konsen terhadap kerusakan alam menuturkan, “Kerusakan alam di Indonesia sudah di ujung tanduk, pengerusakan alam demi kepentingan pembangunan telah merusak kawasan hijau.” ucapnya.

Nugie juga mengaku bahwa dirinya selalu membawa kantong kain atau kantong daur ulang setiap kali berpergian, hal ini guna mengurangi bertambahnya sampah plastik.

Selain itu, Nugie mulai memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari-harinya dengan cara menampung agar air hujan yang turun, agar tidak langsung hilang atau mengalir ke sungai-sungai kotor di Jakarta.

<object width=”425″ height=”344″><param name=”movie” value=”http://www.youtube.com/v/2DhH5Mi2diM&hl=en&fs=1″></param><param name=”allowFullScreen” value=”true”></param><param name=”allowscriptaccess” value=”always”></param><embed src=”http://www.youtube.com/v/2DhH5Mi2diM&hl=en&fs=1″ type=”application/x-shockwave-flash” allowscriptaccess=”always” allowfullscreen=”true” width=”425″ height=”344″></embed></object>

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32948

Untuk melihat Berita Indonesia /Gosip lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah