KabariNews – ICBC Group memberikan pinjaman club deal kepada Indonesia Eximbank dengan total nilai USD 500 Juta guna memenuhi pembiayaan kegiatan pendukung perdagangan luar negeri.

PT Bank ICBC Indonesia (‘ICBC Indonesia’) bersama-sama dengan ICBC Asia telah menandatangani perjanjian untuk menyediakan fasilitas pinjaman dalam bentuk club deal kepada Indonesia Eximbank untuk pembiayaan kegiatan pendukung perdagangan luar negeri. Selain sebagai pemberi fasilitas kredit, ICBC Indonesia juga berperan sebagai agen fasilitas. Dalam pemberian total fasilitas senilai USD 500 Juta melalui club deal ini, ICBC Asia berperan sebagai lead arranger.

Penandatanganan ini adalah realisasi tahap awal dari nota kesepakatan pemberian fasilitas kredit senilai USD 20 Miliar yang telah ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian BUMN, dengan ICBC Limited, perusahaan induk dari ICBC Asia dan ICBC Indonesia, di Beijing awal tahun ini. Fasilitas tersebut ditujukan untuk membantu perekonomian Indonesia melalui pinjaman ke BUMN.

Presiden Direktur ICBC Indonesia, Shen Xiaoqi, menyebutkan, “Dengan tercapainya kesepakatan perjanjian pinjaman ini, ICBC Indonesia kembali menegaskan komitmennya sebagai jembatan finansial antara Indonesia dan Tiongkok.” Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Ngalim Sawega menghargai kerjasama ini yang merupakan bukti kepercayaan dari lembaga keuangan internasional kepada Indonesia Eximbank dalam mendapatkan akses pendanaan guna mendukung kegiatan perdagangan luar negeri. Tentunya kerjasama ini akan dilanjutkan di masa mendatang, Ngalim Sawega menambahkan.

Terkait dengan bentuk kerjasama di masa mendatang, Direktur ICBC Indonesia, Jeff S.V. Eman, menjelaskan “Seiring dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok yang kian erat, pemberian kredit di masa yang akan datang dapat juga dalam bentuk mata uang Renminbi (RMB).”

Shen Xiaoqi menutup acara dengan mengatakan bahwa pemberian fasilitas ini menunjukan dukungan kuat dan peran aktif dari Grup ICBC terhadap perkembangan ekonomi Indonesia melalui ICBC Indonesia.

ICBC Indonesia dibentuk pada tahun 2007 melalui akuisisi atas Bank Halim, Bank ICBC Indonesia adalah anak perusahaan dari bank terbesar di dunia berdasarkan aset, ICBC Limited. Bank ICBC Indonesia memiliki misi menjadi jembatan ekonomi, keuangan, dan budaya antara Indonesia dan China. Selama 8 tahun beroperasi di Indonesia, Bank ICBC Indonesia telah memiliki rekam jejak melalui 22 cabang yang tersebar di Indonesia. Selain itu, Bank ICBC Indonesia telah menerima beberapa penghargaan dari berbagai institusi, yang terakhir antara lain adalah predikat “Sangat Bagus” dari Infobank (2015 & 2014), “Bank Terbaik untuk Kategori Bank Campuran” dari IBI (2014), dan peringkat kredit “Baa2” dari lembaga pemeringkat internasional, Moody’s.

Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus milik Pemerintah Republik Indonesia yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan mulai beroperasi sejak tanggal 1 September 2009. Indonesia Eximbank didirikan untuk melakukan Pembiayaan Ekspor Nasional untuk menunjang kebijakan Pemerintah dalam rangka mendorong program ekspor nasional yang diberikan dalam bentuk Pembiayaan, Penjaminan, Asuransi, dan Jasa Konsultasi baik konvensional maupun berdasarkan Prinsip Syariah. Indonesia Eximbank berkantor pusat di Jakarta dan saat ini telah memiliki 4 Kantor Wilayah, yaitu di Medan, Surabaya, Surakarta, dan Makassar.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/80071

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

kabari store pic 1