KabariNews – Pemerintah akan segera memberikan anugerah gelar pahlawan nasional kepada mantan Presiden RI ke- 4 Abudurrahman Wahid yang juga mantan ketua PBNU. Hal ini disampaikan Menteri Sosial, Khofifah Indarparawansa saat menyambangi Taman Makan Nasional di Komplek Tebuireng, Minggu (5/4) kemarin. Menteri Khofifah menyatakan, gelar kepahlawanan hanya tinggal menunggu keputusan Dewan Gelar Pahlawan Nasional dan presiden Jokowi.  “Saat ini proses pencalonan gelar pengajuan sudah sampai pada Tim Peneliti dan Pengkajian Gelar Pusat (TP2GP), tinggal menunggu presiden saja” kata Menteri Khofifah.

Rencananya Agustus mendatang gelar pahlawan akan disandang oleh Almarhum Gus Dur yang terkenal sebagai Bapak Pluralisme itu. “ Kalau sudah selesai di Dewan Kepahlawanan Nasional akan diserahkan Presiden, dan biasanya penganugerahan pahlawan diberikan sebelum sebelum tanggal 10 November” ungkapnya.

Dikutip dari situs resmi NU, pada kunjungannya kemarin Kemensos juga memberikan bantuan rehabilitasi Sarana Taman Makam Pahlawan Nasional sebesar Rp 135 juta. Bantuan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan sarana Makam Pahlawan Nasional Tebuireng. Dijelaskan Khofifah, Kemensos adalah penanggung jawab pengelolaan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) hanya satu di Jakarta, kemudian Taman Makam Pahlawan (TMP)  diberbagai daerah dan Taman Pahlawan Nasional (TPN). Di Tebuireng Jombang terdapat dua nama pahlawan nasional yakni, KH Hasyim As’ari dan KH Wahid Hasyim. Dijelaskannya, total jumlah pahlawan seluruh Indonesia saat ini ada 163 orang, dari jumlah tersebut, beberapa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, selebihnya ada di Taman Makam Pahlawan Nasional  yang tersebar diberbagai daerah. “Kalau di TMPNU ada 23 pahlawan dari 163 pahlawan nasional yang ada”katanya.

Selain Gus Dur, ada lima nama tokoh lainnya yang diusulkan mendapat gelar pahlawan, diantaranya adalah Sarwo Edhie Wibowo, mertua mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga mantan Danjen Kopasus ke-5.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76277

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1