Tahun ini, karya-karya layar lebar produksi Hollywood kembali menghadirkan sederet tokoh-tokoh legendaris dalam lembaran sejarah. Berikut film-film dengan tema tersebut yang berhasil mendapatkan nominasi di Piala Oscar 2019:

AT ETERNITY’S GATE

Film biografi ini berkisah tentang petualangan di dalam kehidupan dan alam pikiran pelukis legendaris Vincent van Gogh, seseorang yang telah berhasil menciptakan beberapa karya seni yang paling dicintai dan menakjubkan di dunia. Pembuatan karya-karya tersebut merupakan sebuah proses yang penuh perjuangan. Van Gogh tak jarang harus melawan dan menghadapi skeptisme, ejekan sembari melawan penyakit yang dideritanya. Beberapa adegan yang ditampilkan dalam film tersebut terinspirasi dari kisah nyata. Film ini dibuat berdasarkan korespondensi milik Vincent van Gogh, fakta-fakta dalam kehidupnya, rumor, dan juga beberapa momen yang direka secara fiksi.
Nominasi Piala Oscar 2019: Aktor Terbaik

BOHEMIAN RHAPSODY

Bohemian Rhapsody fokus pada kehidupan pribadi yang glamor dan penuh konflik dari vokalis utama band legendaris Queen, Freddie Mercury. Biopik tersebut memperlihatkan bagaimana penyanyi yang terlahir dengan nama Farrokh Bulsara tersebut berkenalan dan bergabung dengan Brian May dan Roger Taylor dalam sebuah band. Film berdurasi 134 menit ini juga banyak menampilkan momen penting hubungan antar-personel dan orang-orang penting di sekitar Queen, seperti orangtua dan mantan kekasih hati Freddie, Mary Austin. Gaya nyentrik dan orientasi seksual musisi kelahiran Zanzibar tersebut juga mendapat porsi yang signifikan dalam karya layar lebar yang dibintangi oleh Rami Malek ini.
Nominasi Piala Oscar 2019: Film Terbaik, Aktor Terbaik, Tata Suara, Penyuntingan Suara Terbaik, dan Penyuntingan Terbaik.

FIRST MAN

Film tersebut diadaptasi dari buku berjudul First Man: The Life of Neil A. Armstrong karya James R. Hansen. First Man mengambil latar waktu beberapa tahun sebelum misi astronot Neil Armstrong ke bulan berhasil. Biopik ini juga menampilkan Neil Armstrong sebagai seorang ayah yang remuk redam pasca meninggalnya sang putri, Karen Armstrong. Selain menampilkan kehidupan pribadinya, First Man juga menyoroti berbagai aspek penting lainnya, seperti perkembangan isu politik semasa dan kemajuan teknologi di NASA.
Nominasi Piala Oscar 2019: Tata Artistik Terbaik, Tata Suara Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, Efek Visual Terbaik.

MARY QUEEN OF SCOTS

Film tersebut mengambil latar tahun 1569 dan berkisah mengenai kehidupan seorang Mary Stuart, Ratu Perancis yang karismatik. Mary diangkat menjadi ratu sebagai pasangan Raja Francis II pada usia 16 tahun dan menjadi janda pada usia 18 tahun. Setelah menolak tekanan untuk menikah lagi, ia kembali ke tempat kelahirannya di Skotlandia untuk merebut kembali takhta keluarganya. Namun, pada saat itu, Skotlandia dan Inggris telah berada di bawah kekuasaan Ratu Elizabeth I yang merupakan sepupu dari Mary. Ia bertekad untuk memerintah dan menegaskan klaimnya atas takhta kerajaan. Mary pun mengancam kedaulatan Ratu Elizabeth. Keduanya mengalami banyak pengkhianatan, pemberontakan, dan juga persekongkolan yang dapat membahayakan takhta mereka. Keduanya bahkan mampu mengubah jalannya sejarah.
Nominasi Piala Oscar 2019: Desain Kostum Terbaik dan Tata Rias Terbaik

VICE

Dengan diselingi banyak anekdot, film tersebut mengisahkan perjalanan tentang perjalan politik seorang Dick Cheney, mantan Wakil Presiden Amerika Serikat. Adegan awal karya layar lebar tersebut menampilkan Dick sebagai pemabuk dan mahasiswa gagal di Yale Univiersity. Biopik tersebut juga menampilkan bagaimana sosok sang istri, Lynne Vincent, membentuk dan mengubah jalan hidup Dick Cheney. Film tersebut lantas mengikuti karir Dick yang berhasil menaiki berbagai jenjang politik sejak magang di Gedung Putih pada pemerintahan Presiden Richard Nixon hingga menjadi Wakil Presiden AS mendampingi Presiden George W. Bush. Film yang disutradarai Adam McKay ini juga menitikberatkan pada karakter Dick Cheney yang sangat ambisius dan memiliki kemampuan untuk mengontrol keadaan di balik sosoknya yang terlihat diam.
Nominasi Piala Oscar 2019: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, dan Tata Rias Terbaik. (Foto: dok. IMDb)