4KabariNews – Tepat 29/05/2015 Sasana Werdha Karya Bhakti Ria Pembangunan (STW-YKBRP) memperingati Hari Lansia di Cibubur, Jakarta Timur. Acara kali ini menjadi semarak dengan kehadiran Ibu Ani BambangYudhoyono dan sejumlah pengurus Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), diwarnai dengan bermain angklung, menari bersama dan melakukan panen sayur mayur dan lele di Taman Lansia Sejahtera.

Dua tahun lalu, ketika itu Ibu Negara Hj Ani Yudhoyono menyerahkan kado istimewa bagi para opa-ona di STW-YKBRP, berupa taman asri yang berkonsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) di atas lahan seluas 2.500 M2 di halaman samping areal panti wredha. Taman Lansia Sejahtera, demikian dinamai, menjadi taman favorit bagi para opa dan oma. Mereka selain berkebun tanaman obat, sayur mayur dan buah, juga senang melakukan budidaya ikan lele di 6 kolam besar.

Snap 2015-06-06 at 11.13.11Taman itu masih terawat baik dan ini memberikan kegembiraan tersendiri bagi Ibu Ani Yudhoyono saat melakukan temu kangen dengan para lansia di sana. Suasana haru dan gembira mewarnai panti tersebut.

“Apa kabar Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu? Gembira semua ya? Saya juga sudah lansia lo. Menurut literatur, usia 60 tahun ke atas disebut lansia dan berhak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) seumur hidup,” ujar Ibu Ani Yudhoyono, yang segera disambut dengan tepuk tangan hadirin. “Yang pasti, kita harus selalu happy dan salah satunya dengan menekuni hobi. Misalnya, berkebun, bermain music angklung, membuat kerajinan, atau seperti saya yang hobi fotografi. Semua itu bagus.”

Snap 2015-06-06 at 11.26.25Kepada KABARI, Ibu Ani Yudhoyono menyampaikan suka citanya atas peringatan Hari Lanjut Usia yang kali ini bertemakan Sehat Bahagia di Usia Senja. “Saya gembira melihat wajah para orang tua di sini yang begitu happy, tetap produktif, dan bisa berkebun. Taman Lansia Sejahtera telah dua tahun berjalan masih tetap terawat, bias panen, member pemasukan dan juga dapat dikonsumi sebagai penambah gizi. Tentu akan saying sekali kalau taman ini harus dibiarkan idle,” ujar Ibu Ani Yudhoyono.

Semangat untuk terus menekuni hobi yang positif disambut dengan gembira oleh para oma dan opa yang hadir. Beberapa dari mereka sempat berbagi isi hati. Intinya, mereka bahagia tinggal di sana, karena mendapat kemerdekaan dalam beraktivitas dengan teman usia sebaya, melakukan hal-hal yang menyenangkan, dari menari, olahraga sampai bermain angklung yang dapat melatih psikomotorik serta karaoke untuk menyehatkan paru-paru.

IMG_5993Sementara itu Ny Tumbu Rahardi Ramelan, sebagai Direktur STW-YKBRP, menyatakan, bahwa di panti ini ada 70 orang, terdiri dari 50 bapak dan 20 ibu. Kami juga ada program day care, sekarang ada sekitar 50-60 orang lansia dari luar panti yang melakukan kegiatan di sini. Kami akan terus melestarikan Taman Lansia Sejahtera, serta menggali kegiatan-kegiatan positif lainnya membahagiakan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi lansia.

Snap 2015-06-06 at 11.11.34

“Kami berterima kasih sekali atas kehadiran Ibu Ani Yudhoyono, bersama para Ibu-ibu pengurus SIKIB yang telah begitu mengasihi para lansia di sini. Hari ini mereka mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh MOBIL SEHAT (MOHI), serta bergembira berjoget bersama diirngi musik organ tunggal hadiah dari PERIP,” ujarnya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, beberapa istri mantan Wakil Presiden yaitu Ibu Umar Wirahadikusuma, Ibu Tuti Tri Sutrisno dan Ibu Herawati Boediono. Di samping itu juga hadir beberapa ibu pengurus SIKIB, di antaranya Ibu Ratna Djoko Suyanto, Ibu Niniek Dipo Alam, Ibu Lusie Bambang Susantono dan Ibu Umi Rusman. (1003)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77626

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1