Iriana joko Widodo kunjungan ke SidoarjoKabariNews – Setelah kunjungannya ke beberapa daerah, Ibu negara Iriana Joko Widodo yang didampingi Mufidah Yusuf Kalla melanjutkan kunjungannya ke Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangka sosialisasi program deteksi dini kanker serviks, Kamis (27/10).

Dalam rangkaian acara kunjungan di Sidoarjo, Iriana berkesempatan mengunjungi beberapa lokasi. Lokasi pertama yang ditinjau adalah pabrik sepatu PT. Ecco Indonesia yang memperkerjakan ribuan tenaga kerja wanita. PT. Ecco Indonesia juga menyelenggarakan program peningkatan kesehatan tenaga kerja wanita dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada tenaga kerjanya 2015-2019 melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetan (IVA).

Dalam sambutannya, Iriana mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada PT. Ecco Indonesia dan tenaga kerja wanitanya karena telah menyelenggarakan IVA sebagai langkah pencegahan kanker serviks.

“Ini bukan hanya kepentingan saya selaku wanita, tapi untuk kepentingan ibu-ibu yang ada disini dan kepentingan kaum wanita Indonesia, karena dengan pemeriksaan dini kita bisa mengetahui apakah ada gejala atau tidak. Alhamdulillah dan InsyaAllah di PT. Ecco Indonesia semuanya sehat”, kata Iriana.

Setelah berkunjung di PT. Ecco Indonesia, Ibu negara beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Puskesmas Candi untuk melihat sosialisasi tentang pentingnya program deteksi dini pencegahan kanker serviks dan kanker payudara kepada 200 orang warga Kecamatan Candi yang meliputi 24 desa dengan jumlah wanita berusia 30-40 tahun mencapai 26.833 orang.

Dalam kesempatan itu juga, Iriana mengajak kaum wanita Indonesia untuk mendukung program tersebut dengan sukarela memeriksakan diri sebagai pencegahan kanker serviks dan kanker payudara. Dalam akhir kunjungannya, Iriana memberikan kenang-kenangan kain selendang motif batik kepada peserta penyuluhan IVA.

Gerakan Nasional Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan Indonesia untuk periode 2015-2019 telah dicanangkan oleh Iriana Joko Widodo pada tanggal 21 April 2015 lalu dan untuk memastikannya, Iriana telah melakukan kunjungan ke beberapa daerah. (Yan-Jatim)