KabariNews – Jalan-jalan ke Makassar yang dulu disebut Ujung Pandang, kalau tidak mencicipi jajanan khasnya tentu terasa tidak lengkap. Soal makanan laut (seafood) kota yang terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah ini memang sudah ngetop, apalagi yang namanya Sop Konro, wuiih ada dimana-ma. Nah bagaimana dengan jajanannya?

Pisang Ape

Photobucket

Di Makassar ternyata ada beberapa jajanan yang unik dan khas. Yang pertama namanya Pisang Ape. Untuk orang Jakarta atau Betawi asli barangkali artinya
jadi Pisang Apaan? (apa=ape, red). Tentu saja artinya bukan itu, Pisang Ape
adalah sejenis jajanan khas Makassar yang terbuat dari pisang dicampur gula merah dan durian. Rasanya? Mantap sekali.

Dengan rasa yang begitu enak, tenyata cara bikinnya mudah saja, mirip seperti kita bikin pisang bakar. Pada dasarnya Pisang Ape memang pisang bakar, tapi disiram saus gula merah dan durian.

Jika Anda penasaran bagaimana cara buatnya, mudah saja, pertama sediakan pisang kepok (ini jenis pisang yang cocok untuk dibakar). Kupas pisang tersebut lalu bakar diatas bara hingga matang dengan cara dibolak-balik. Sambil menunggu pisang matang, siapkan bahan-bahan yanb terdiri dari gula merah 250 gr, 100 ml air, 5 biji durian matang yang dibunag bijinya, 1/4 sdt garam dan 1 lbr daun pandan untuk mengharumkan.

Setelah bahan-bahan saus siap, rebuslah gula merah, air,  daun pandan sampai mendidih. Tambahkan garam dan durian lalu rebus sampai kental. Setelah pisang matang atau selesai di bakar, sisihkan ke dalam piring atau wadah. Sebelum disajikan, siram saus diatas pisang. Jadi deh..

Jalangkote

Photobucket

Usai mencicipi Pisang Ape, ada satu agi jajanan Makassar yang lumayan enak. Namanya Jalangkote. Wah dari namanya saja sudah unik, apa lagi ini? Jelangkote adalah makanan sejenis pastel isi. Rasanya juga hampir mirip-mirip, tapi kalau pastel biasanya isinya potongan wortel, kentang dan bihun, Jalangkote berisi daging cincang. Disantapnya pun lebih nikmat dengan sambal yang memang dibuat khusus untuk menemani makan Jalangkote.

Sarabba

Photobucket

Setelah icip-cicp makanan, sekarang giliran cobain minumannya. Di Makassar ada satu jenis minuman yang sudah sangat terkenal, namanya Sarabba.  Sarabba hampir sama dengan bandrek, bedanya bandrek terbuat dari jahe dan gula merah saja. Nah Sarabba ini menggunakan santan. Rasanya? Segar sekali, apalagi kalau diminum saat badan sedang tidak enak, atau saat cuaca dingin. Mantaap! Rasa jahenya segar sekali.  Sarabba ini  cocoknya diminum bersama sanggara atau gorengan. Bisa Sanggara’ Ubi (singkong goreng), sanggara’ bakara (sukun goreng), ato sanggara’ unti (pisang goreng).

Tiga jenis jajanan khas Makassar itu, bisa ditemui dimana saja di Makassar. Mulai dari warung kaki lima hingga restoran. Pisang Ape dan Jalangkote bahkan kerap menjadi suguhan dari orang Makassar  saat mereka menerima tamu.