KabariNews – Meminjam istilahnya Umar Kayam,  kuliner bukan sekedar bicara seputar lidah dan perut, tapi juga budaya. Artinya, masih menurut Umar Kayam, mencicipi masakan dari daerah tertentu sama saja kita berkenalan dengan budayanya, karena makanan merupakan salah satu cerminan budaya.

Coba saja tengok ciri khas makanan Meksiko yang pedas dan berwarna-warni. Kata orang, ini merupakan cerminan budaya orang Meksiko yang punya sifat keras dan berani. Diwakili dengan rasa pedas. Sementara warna-warni adalah representasi sukanya orang Meksiko dengan pesta, dan dansa-dansi.

Menurut catatan, masakan Meksiko termasuk masakan yang masih mempertahankan masakan asli Amerika dari suku Actez dan suku Maya. Namun karena dulu sempat menjadi jajahan Spanyol, masakan Meksiko pun banyak
dipengaruhi masakan Spanyol.

PhotobucketQuail Enchy

Dalam rangka pengenalan wisata kuliner dunia dan memperingati hari kemerdekaan RI ke 63,  Hotel Gran Melia Jakarta, bagian dari sebuah jaringan hotel terkemuka Spanyol mengadakan festival kuliner bertajuk “ Festival Makanan Meksiko”.

Acara ini digelar sejak kemarin, Rabu, 9 September hingga 15  disambut dengan pelayan yang berbaju ala Meksiko lengkap dengan topi sombrero, para tamu juga akan dihidangkan masakan khas Meksiko yang disiapkan secara khusus oleh seorang Chef berpengalaman. Bahkan   Chef ini didatangkan langsung dari Gran Melia Cancun, namanya Chef Miguel Solorio Sanchez.

Dalam sambutannya, Chef  Miguel mengucapkan senang bisa berkunjung ke Indonesia dan memperkenalkan masakan Meksiko  kepada masyarakat Indonesia. Dia juga mengatakan masakan yang disajikan dalam festival ini adalah masakan orisinal Meksiko dengan bumbu-bumbu dan bahan yang juga didatangkan dari Meksiko.

PhotobucketMussel With Sauce

Chef Miguel menambahkan, masakan Meksiko adalah warisan yang kaya akan budaya dari Amerika Latin. Masakan ini umumnya hasil kolaborasi berbagai budaya dari negara-negara tetangga di benua Amerika.

Sementara selain menyajikan aneka menu utama, menurut Imuthia Yanindra, public relation Hotel Gran Melia,  festival ini juga menyajikan aneka panganan khas Meksiko seperti Churros
With Caseta Sauce
. Bahkan panganan ini termasuk paling banyak disantap undangan yang saat itu kebanyakan wartawan dari berbagai media.
PhotobucketChurros With Caseta Sauce

“Churros memang pas dimakan setelah menyantap makanan utama, apalagi kalau sembari minum red wine, rasa manis dan kesat Churros langsung tersiram rasa asam-asam red wine, rasanya pas sekali.” kata Chef Miguel.

Mengenai acaranya sendiri, Imuthia menyebutkan, acara ini juga dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh tamu dari hotel Gran Melia agar datang sekaligus bisa icip-icip makanan Meksiko.(foto:dok Gran Melia)