KabariNews – Indonesia Fashion Week 2016 kembali digelar untuk kelima kalinya pada 10- 13 Maret 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Acara tahunan yang digelar oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Kerabat Dyan Utama ini akan menghadirkan rangkaian acara untuk para pecinta fashion di Tanah Air, mulai dari pameran dagang bertaraf internasional dan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia serta ditunjang dengan beragam program seperti talk show, workshop dan kompetisi desain.

Indonesia Fashion Week (IFW) Pertama kali dielar pada 2012, dimana bertujuan untuk memberikan arah dan gambaran terhadap industri fashion di Indonesia. Bumi pertiwi Indonesia memiliki kekuatan unik dalam fashion yang dipengaruhi oleh kekayaan budaya Indonesia yang beragam yang disertai dengan pengetahuan lokal yang berlimpah dari masyarakatnya yang kreatif. Karena itulah fashion Indonesia dipersiapkan untuk menjadi pusat fashion secara regional maupun global.

Di tahun kelima ini IFW mengangkat tema ‘Reflection Culture’, dengan harapan melalui IFW 2016, budaya dan tradisi lokal akan menjadi fondasi dan referensi dari setiap desain yang bertujuan bangsa Indonesia mampu mengukir identitas di dunia fashion dalam merefleksi orsinilititas budaya sendiri.

JpegBerbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini IFW 2016 akan menghadirkan banyak highlight baru yang menekan pada aspek bisnis dan inovasi sehingga semakin optimis mengarahkan dan mempromosikan produk mode buatan Indonesia yang dapat bersaing dengan pasar internasional.

“Tahun ini IFW akan lebih berbeda dengan gelaran tahun- tahun sebelumnya karena akan sesuatu yang berbeda dan nantikan kejutannya” kata Poppy Darsono selaku Presiden Direktur APPMI pada konferensi pers di Emperia, Jakarta (2/3).

Deretan desianer yang akan tampil diantaranya Ivan Gunawan, Zaskia Sungkar, Hannie Hananto, Ria Miranda, Jenahara, Restu Angraeni, Bintang Mira, Tude Togok, Yurita, Tuti Adib, Ida Royani, Lia Soraya, Michelle Tjokrosaputro, Asri Welas, Rudi Candra, Defrico Audi, Riabaraba, Nita Seno, Jenny Tjayawati, Malik Moestaram, Nieta Handayani, Itang Yunaz, Vivi Zubedi, Susan Budiarjo, Handi Hartono, Yogiswari Pjadjanti, Dian Pelangi, Mel Anyar, Rizman Ruzaini, Soko Widyanto, Dato Sri Raja Rezza dari Malaysia dan masih banyak lagi.

Pada perhelatan fashion terbesar di Indonesia ini juga akan melibatkan banyak selebriti. Mengusung tema ‘Star Famous On’ selebriti Tanah Air seperti Ivan Gunawan, Raffi Ahmad, Melly Goeslow, Rossa Mario, Okky Setiana Dewi, Lyra Virna, Zaskia Adya Mecca dan Umi Pipik akan turut memberi kejutan.

Selama empat hari akan digelar pameran dagang yang menyajikan 470 label fashion, juga menampilkan 10.200 outfit dari desainer Tanah Air dan mancanegara. Ada 34 show yang dibagi pada 2 stage yang akan menampilkan 1.746 outfit.

IFW 2016 terselenggara atas dukungan berbagai pihak dari institusi pemerintahan : Smesco, Kementerian perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian, Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pariwisata, Pemda DKI Jakarta, Kementerian Koperasi dan Kementerian Perdagangan.