KabariNews – Perhelatan akbar kerajinan Indonesia yang terselenggara setiap tahun INACRAFT 2016 kembali digelar. Memasuki tahun ke -18 Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi serta didukung oleh beberapa Kementerian dan BUMN yang terkait dengan pembinaan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), kembali menyajikan produk krajinan Indonesia.

Perhelatan yang digelar pada tanggal 20-24 April 2016, di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta ini mengusung tema sentral From Smart Village to Global Market dengan maksud untuk memfasilitasi produk-produk kerajinan Indonesia untuk dapat naik ke jenjang yang lebih tinggi serta mengangkat derajat produk kerajinan Indonesia yang memiliki nilai jual agar mampu bersaing dengan produk-produk asing sejenis di pasar Internasional.

Kebudayaan Minangkabau  diangkat sebagai ikon INACRAFT 2016 dengan mengusung sub tema The Splendour of Minangkabau, menampilkan berbagai kemegahan kebudayaan serta kesenian khas Minangkabau yang akan menambah semarak perhelatan akbar kerajinan Indonesia ini. Nuansa Minangkabau akan terlihat sangat kental dengan kehadirannya diseluruh area pameran mulai dari main gate, panggung opening ceremony, hanging baner di dalam dan luar area pameran, pertunjukan seni serta ikon Sumatera Barat di Main Lobby.

INACRAFT 2016 juga diikuti  oleh lebih dari 1400 peserta perusahaan kerajinan batik produsen maupun exsportir dari 34 provinsi di Indonesia. menempati 1333 stan dengan luas area 25.070 meter persegi dan peningkatan peserta individu hingga 849 stan. Selain itu untuk stan produsen luar negeri diantaranya negara Singapura, Jepang, Pakistan, Nepal, India dan Syiria. diharapkan untuk pengunjung diperkirakan akan mencapai dua ratus ribu pengunjung.

INACRAFT tidak hanya sekedar kegiatan pameran yang mengutamakan segi transaksi jual beli saja, maka dari itu tahun ini INACRAFT Award kembali dihelat dengan maksud memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas Indonesia, dengan adanya pameran kerajinan khas Indonesia ini dapat memacu dan mengasah kreativitas perajin untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya.

Berbagai produk kerajinan dari tekstil yang dipamerkan seperti, batik, tenunan, bordir, songket, ikat dan beragam assesoris, dan juga kerajinan kayu seperti patung, furniture berukir, bingkai lukisan, mainan edukasi untuk anak-anak dan sebagainya. Adapun barang-barang perhiasan dari emas seperti perak dan batu permata, serta barang kerajinan keramik berupa pottery dan gerabah, kemudian home decoration dan ribuan jenis barang kerajinan lainnya.