Indonesia mulai serius menggarap bisnis spa. Seiring dengan berkembangnya potensi  pariwisata di Tanah Air, seperti di India dan Cina kini bisnis spa banyak dijumpai di kawasan seperti Jakarta dan Bali, serta mulai digemari masyarakat.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, pertumbuhan usaha spa di Indonesia saat ini mampu bersaing dengan destinasi spa di dunia.

“Tahun 2010, spa Indonesia tumbuh 7%, hampir menyamai pertumbuhan spa di China yang sebesar 8% dan India 11%,” kata Jero Wacik seperti dikutip dari Antara.

Wacik mengatakan, Indonesia telah memiliki warisan sejarah dalam tradisi spa dan kesehatan sejak berabad-abad yang lalu seperti yang tertuang dalam relief Candi Borobudur. Di berbagai daerah, tradisi itu terus dikembangkan dalam perawatan kesehatan secara tradisional, seperti di Jawa yang dikenal dengan istilah lulur. 

Dewasa ini, tradisi lokal perawatan kesehatan itu dapat dengan mudah dikembangkan dalam industri spa yang mampu membuka lapangan kerja cukup besar. “Kami belum tahu persis jumlah spa, tenaga kerja yang terserap, dan berapa besar yang telah disumbangkan ke perekonomian. Tapi saya yakin cukup signifikan,” imbuh Wacik.

Wacik menambahkan, industri spa tumbuh pesat dan menopang destinasi pariwisata, baik di hotel berbintang maupun kawasan objek wisata seperti di Bali. “Turis kalau sudah seminggu berlibur, pasti lelah dan butuh pijat dan spa. Di lapangan golf kini juga ada fasilitas spa-nya,” ujar dia. Sebagai langkah awal, Wacik mengatakan akan melakukan pendataan usaha spa, peningkatan sumber daya manusia melalui penyediaan jurusan khusus seperti telah dilakukan sejumlah perguruan tinggi.
Adanya kode etik untuk usaha ini juga dirasa perlu. Baru-baru ini diadakan Global Spa Summit yang diadakan pertamakali. Pertemuan besar itu diikuti oleh 38 negara dan 296 peserta. Asia merupakan jantung spa. Terutama di Bali yang kuat dengan budaya dan orangnya yang ramah dan hangat. Tentu juga budaya untuk menyembuhkan akan ditemukan di sana.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36865

Untuk melihat artikel Hobi lainnya, Klik di sini

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :