Dalam rangka perhelatan Academy Awards yang ke-91, sebanyak 87 negara mengirimkan perwakilannya untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Setelah melalui serangkaian proses seleksi, Indonesia memutuskan untuk mengutus Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina: The Murderer in Four Acts) ke ajang Piala Oscar 2019.

Pada awal proses seleksi, Komite Seleksi Academy Awards untuk Indonesia menampung sebanyak 101 film berbahasa Indonesia yang memenuhi pedoman dan kriteria Best Foreign Language sebagaimana yang telah diajukan oleh pihak Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Adapun syarat pertamanya adalah film tersebut telah tayang di bioskop dari 1 Oktober 2017 sampai dengan 30 September 2018. Di samping itu, syarat yang juga harus dipenuhi adalah bahwa film tersebut telah tayang selama 7 hari berturut-turut di bioskop serta pernah diputar di festival film internasional sebelum dirilis secara komersil.

Sebelum tayang di Indonesia, Marlina tampil perdana di Film Festival Cannes 2017. Film tersebut juga lolos seleksi di ajang film festival bergengsi lainnya, seperti Toronto International Film Festival (TIFF) dan American Film Institute Festival (AFI Fest). Film karya Mouly Surya ini juga berhasil membawa pulang beberapa penghargaan, antara lain skenario terbaik di FIFFS Maroko, film terbaik Asian Next Wave di QCinema Film Festival (Filipina), NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival. Pemeran utama film tersebut, Marsha Timothy, juga berhasil meraih gelar aktris terbaik di Sitges International      Fantastic Film Festival, mengalahkan aktris Hollywood legendaris Nicole Kidman.

Dalam keterangan persnya, komite seleksi yang diketuai oleh aktris kawakan Christine Hakim ini menegaskan bahwa pihaknya memilih Marlina terlebih karena tema kemanusiaan dan gender yang diangkat dalam karya layar lebar tersebut. Tema tersebut dianggap cocok dengan gerakan sosial bertagar #MeToo yang sedang berkembang di Hollywood. Film ini juga menyajikan kearifan lokal yang tinggi jika ditinjau dari segi latar tempat, cerita, dan bahasa yang dipergunakan. Dari survei yang telah dilakukan, kalangan netizen juga sangat setuju dengan tampilnya Marlina sebagai wakil Indonesia di Piala Oscar 2019.    

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak berkisah tentang seorang janda bernama Marlina (diperankan oleh Marsha Timothy) yang didatangi oleh sekawanan perampok di kediamannya. Mereka mengancam nyawa, harta, dan juga kehormatannya di hadapan suaminya yang sudah berbentuk mumi. Keesokan harinya dalam perjalanan demi mencari  keadilan dan penebusan, Marlina membawa kepala bos perampok, Markus (diperankan oleh Edi Fedly), yang telah ia penggal semalam sebelumnya. Marlina lalu bertemu Nove (Dea Panendra) yang menunggu kelahiran bayinya dan Franz (diperankan oleh Yoga Pratama) yang menginginkan kepala Markus kembali. Markus yang tak berkepala juga berjalan menguntit Marlina. (Foto: dok.Cinesurya)