Tahun 2014 merupakan tahun bersejarah bagi keikutsertaan Indonesia di olimpiade internasional. Pasalnya, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan olimpiade biologi internasional atau International Biology Olympiad (IBO) ke-25, yang akan berlangsung 6 – 12 Juli 2014 di Bali.

Seperti yang dikutip kemdikbud.go.id, sebelum ditetapkan sebagai tuan rumah, Indonesia telah mengajukan diri untuk menjadi penyelenggara IBO tahun 2020. Usulan tersebut disampaikan pada acara coordinator meeting di Singapura pada 2012 lalu. Di tahun 2013, pada penyelenggaraan IBO ke-24 di Bern, Swiss, akhirnya Indonesia resmi ditunjuk untuk menjadi penyelenggara IBO 2015.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) setiap tahun mengirim perwakilan Indonesia di ajang bergengsi ini. Sejak keikutsertaan pertama kali di tahun 2000, Indonesia telah memenangkan berbagai medali. Tahun 2010, Indonesia merebut dua medali emas dan dua medali perunggu. Keberhasilan ini merupakan kesuksesan terbesar dari tim Indonesia.

IBO ke-25 di Bali akan dibuka 6 Juli mendatang. Kompetisi ini akan mengusung dua jenis lomba, yaitu teori dan praktik. Untuk kedua lomba ini, peserta difokuskan pada kompetensi menghadapi masalah biologi dan eksperimen. Tujuannya, untuk menstimulasi siswa mengembangkan bakatnya dan memupuk karirnya sebagai seorang peneliti. Disamping itu, juga untuk membandingkan metodologi dalam dunia biologi yang mendasari pertukaran pengalaman antara akademisi di seluruh dunia.

Selain teori dan praktik, IBO 2014 juga akan diwarnai lomba video biologi. Lomba ini mengambil tema “Biodiversity and Me”. Masing-masing tim menyiapkan sebuah video berdurasi empat menit dengan tema tersebut. Video yang diikutkan dalam lomba ini harus berbahasa inggris, atau menyertakan teks terjemahan dalam bahasa inggris. Dan sebelum 1 Juli, video tersebut harus sudah diunggah dalam situs youtube.com, dan tautannya dikirim ke panitia IBO.

Setiap negara partisipan akan mengirimkan masing-masing empat siswa terbaik di bidang biologi. Keempat orang ini merupakan pemenang dari olimpiade biologi nasional di masing-masing negara. Di Indonesia, siswa-siswi yang mewakili Indonesia dalam IBO 2014 telah disaring terlebih dahulu dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Biologi tahun 2013. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67567

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :