KabariNews – Minggu kedua Desember 2017 adalah waktu yang ternyata sangat sibuk sekali di daerah New York City buat warga Indonesia, dan staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia. Indonesian Children Dance Club (NYC), suatu organisasi anak dari Saung Budaya yang didirikan oleh Amalia Suryani, menggelar pertunjukan publik perdana yang pertama kali pada hari Sabtu kemarin, Desember 9, 2017.  ICDC Club ini, yang berawal dari inisiatif Amalia Suryani dan berbagai orangtua Indonesia di daerah tri-state New York / New Jersey / Connecticut area, kali ini mengadakan pentas perdana sebagai inisiatif untuk menggalang dana sebesar $1,000 yang akan diberikan untuk korban bencana alam Gunung Agung di Bali, dan juga korban dari banjir bandang di Yogyakarta.

Silahkan, buat semua orang pembaca Kabari dan orang Indonesia dari berbagai tempat, turut membantu dalam fundraising ini lewat GoFundMe campaign ini:

https://www.gofundme.com/icdcforbaliyogyakarta

Acara malam kemarin benar-benar semarak, sold-out, dan mendapat antusiasme yang sangat tinggi. Menurut para orangtua peserta dari berbagai anak Indonesia yang kebetulan semuanya lahir di Amerika Serikat, anak-anak sangat tertarik, giat, dan juga bangga untuk bisa belajar menari berbagai tarian dan budaya Indonesia yang berasal dari Sumatra, Jawa, Bali, Maluku, Sulawesi, dan sebagainya. Amalia Suryani, pendiri Saung Budaya sekaligus pelatih dan pendiri dari Indonesian Children Dance Club, berkata bahwa semua peserta – baik dari para orangtua dan anak-anak sudah berusaha keras berlatih selama 6 bulan lebih.

Hasilnya memang memuaskan; tujuan utama untuk membuat banyak anak Indonesia dan komunitas Indonesia di daerah tri-state tercapai karena mereka semua sekarang lebih mengenal, mengapresiasi, belajar, dan bisa menunjukkan karya budaya Indonesia sebagai asal usul budaya mereka. Anak-anak muda ini mengaku sangat senang sekali bisa ikut tampil, belajar tarian baru, dan juga bisa mencoba kostum tari tradisional Indonesia. KJRI New York, beserta restoran makanan seperti Asian Taste 86 dan Awang Kitchen, menyediakan berbagai jajanan kecil Indonesia untuk para pengunjung dan peserta supaya mereka lebih akrab dengan makanan khas daerah Indonesia.

Semua peserta, pengunjung, dan panitia juga berharap bahwa semua orang bisa ikut andil bagian dalam fundraising buat Bali dan Yogyakarta ini. Meningkatkan persatuan dan kesadaran akan Indonesia – terutama untuk anak-anak muda yang besar dan lahir di Amerika Serikat – adalah sangat penting sekali.  Ayo semua ikut ambil bagian dalam fundraising $1,000 lewat GoFundme ini:

https://www.gofundme.com/icdcforbaliyogyakarta