KabariNews – Industri pariwisata California berkembang pada tahun 2016 untuk tahun ketujuh berturut-turut, berdasarkan Visit California, agen pariwisata nonprofit negara bagian tersebut.

Penemuan awal di laporan tahunan grup tersebut menunjukkan bahwa pengeluaran bepergian di negara bagian California berjumlah $126,3 miliar, meningkat sekitar 3% dari tahun 2015. Industri pariwisata telah menunjang lebih dari 1 juta pekerjaan, meningkat 3,4% dari tahun lalu.

Negara bagian yang dibangkitkan oleh travel ini menghasilkan pendapatan pajak berjumlah $10,3 miliar pada tahun 2016, sebuah peningkatan 3,8% dari tahun sebelumnya. Dan kini hasil industri tersebut memiliki total sekitar 2,5% dari produk domestik bruto negara bagiannya.

Peningkatan ini dipengaruhi oleh ekonomi yang menguat, ucap konsultan industri Dean Runyan, seorang penulis dari laporan tadi. “California merupakan tujuan yang populer baik secara domestik dan internasional, dan konsumen di A.S. dan tempat lain pun telah menjadi sedikit lebih baik dibanding tahun lalu,” katanya.

Menurut Baroline Beteta, ketua dan kepala eksekutif Visit California, negara bagian California merupakan tujuan wisata nomor 1 di A.S., dengan sebuah industri yang 2,5 lebih besar dari milik Florida. Dari 268 juta turis di California tahun lalu, kasarnya 75% adalah warga California, 18% datang dari negara bagian lain, dan 7% dari luar negeri.