KabariNews – Ingin cantik, sehat dan punya kaki halus? Manfaatkanlah sekitar Anda! Tidak harus membayar mahal untuk mendapatkan kulit sehat dan menawan, karena Anda pun bisa memperolehnya dengan perawatan alami.

Pertama pergilah ke dapur, lalu ambil satu sendok makan minyak goreng. Untuk apa? Mari praktekkan dan dapatkan kulit sehat dan lembab hanya dengan bahan alami tersebut.

Untuk Anda yang punya kulit kaki pecah-pecah, cara ini cukup ampuh untuk mengobatinya. Kulit kasar di bagian tumit sering kali menjadi masalah bagi wanita, terutama untuk mereka yang suka menggunakan sepatu berhak tinggi. Memanfaatkan bahan dapur menjadi solusi murah untuk mengembalikan kelembapan kulit kaki yang kering.

Caranya : Lakukan perawatan ini pada malam hari menjelang tidur. Pertama, cuci bersih kaki Anda lalu keringkan dengan handuk. Kedua, oleskan minyak goreng secara merata pada area kulit kering atau pecah-pecah. Ketiga, untuk mempercepat proses dan tidak mencemari tempat tidur Anda, gunakan kaos kaki semalaman. Keempat, bilas kaki sampai bersih pada pagi harinya. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Kenapa minyak goreng dapat membantu melembabkan kulit?

Ada banyak ragam minyak goreng, ada yang terbuat dari kelapa murni, atau kacang-kacangan seperti kedelai dan jagung. Namun yang paling umum dipakai di dapur adalah minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit.

Di dalam minyak goreng dari kelapa sawit tergandung toctrienols. Toctrienols merupakan turunan dari vitamin E yaitu tocopherol yang sangat baik jika digunakan untuk merawat berbagai masalah kulit. Vitamin E sendiri mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit. Menurut Dr Betty Kamen, PhD, konsultan nutrisi untuk komite Council for Countinuing Education and Training di Washington DC, Toctrienols mampu menembus lapisan kulit lebih dalam untuk menyembuhkan dan melindungi dari dasar. Minyak goreng dari kelapa sawit juga berfungsi untuk mendinginkan dan melembabkan sehingga kulit terasa lebih lembut dan kenyal.

Minyak goreng juga bisa dimanfaatkan untuk :

*Membersihkan kuas kosmetik*

Pemakaian kuas-kuas untuk make up secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kotoran menempel. Anda bisa menggunakan minyak sayur untuk membersihkannya. Caranya, rendam kuas-kuas ke dalam minyak sayur, diamkan beberapa saat. Bilas sampai bersih dengan air hangat untuk mengangkat minyak lalu keringkan. Minyak goreng ampuh membersihkan dan menjaga kuas agar tetap lembut dan elastis.

*Merawat perabotan kayu*

Menjaga agar warna perabotan kayu tetap kinclong, bisa dengan perawatan minyak goreng. Caranya, campurkan 1:1 minyak goreng dengan perasan jeruk lemon. Oleskan campuran tersebut ke permukaan perabot kayu dan gosok dengan kain halus. Hasilnya tidak hanya bersih dan awet, campuran lemon dan minyak goreng juga membantu menghaluskan goresan-goresan tipis pada kayu. Coba dan buktikan sendiri.

*Lilin alami*

Saat terdesak lampu mati dan tidak punya lilin atau pencahayaan sejenisnya, minyak goreng bisa jadi solusinya. Caranya, tuangkan minyak goreng dalam wadah yang tidak terlalu besar atau tutup kaleng kecil dan taruh potongan sumbu pendek. Untuk membuat sumbu, atau kapas yang sudah dipilin rapi, taruh di tengahnya. Biarkan beberapa saat sampai minyak meresap, nyalakan. Lilin alami dari dapur sendiri bisa Anda gunakan untuk penerangan disaat lampu mati.