Gerhana matahari total jarang terjadi  dan sangat tidak biasa melihatnya dari AS. Gerhana matahari total terakhir terlihat di AS  pada 21 Agustus 2017 adalah yang pertama dalam hampir empat dekade. Anda akan cukup beruntung jika datang pada 8 April 2024. Pasalnya, Anda harus menunggu 21 tahun lagu untuk melihat gerhana matahari total di AS.

Maka tidak heran jika penggemar gerhana sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk dapat melihat Gerhana matahari total.  Banyak pemburu gerhana yang sudah mencari hotel untuk gerhana sehingga Expedia telah melihat peningkatan besar di beberapa kota dengan pemandangan yang sangat bagus saat bulan menghalangi cahaya matahari selama beberapa menit.

“Pencarian hotel untuk kota-kota teratas untuk melihat gerhana telah mengalami lonjakan besar-besaran selama 5 hingga 8 April 2024, dibandingkan dengan tanggal yang sama tahun ini,” kata Expedia.

Dengan lebih dari separuh Indiana berada di jalur totalitas, penelusuran untuk ibu kotanya, Indianapolis, telah mengalami peningkatan sebesar 6.040 persen. Tidak jauh di belakang adalah Burlington, Vermont, yang telah mengalami kenaikan 4.515 persen (kota tetangganya Stowe dan Montpelier juga menawarkan pemandangan yang bagus). 

Lebih jauh ke selatan, Little Rock, Arkansas, juga mengalami lonjakan 2.275 persen, karena gerhana akan terjadi dari Texarkana, melalui Pemandian Air Panas dan Little Rock, lalu ke Jonesboro.

Negara bagian New York adalah rumah bagi dua tempat paling populer untuk dikunjungi saat gerhana matahari total: Air Terjun Niagara dan Buffalo.

Expedia menambahkan bahwa, dari kota-kota tersebut, rata-rata tarif hotel per malam adalah yang tertinggi di Burlington dengan harga $378, sedangkan Little Rock menawarkan harga hotel terendah (rata-rata $187 per malam). Expedia menyarankan menggunakan filter untuk memesan harga yang dapat dikembalikan atau menggunakan opsi “pesan sekarang, bayar nanti” untuk mengunci harga sambil tetap fleksibel.

Tapi jangan menunggu, karena Expedia mengatakan ketersediaan mulai berkurang baik di Burlington maupun Little Rock. “Untuk ketersediaan lebih banyak, coba cari properti di Texas (Dallas, Austin, San Antonio) atau lakukan perjalanan singkat melintasi perbatasan Kanada ke Montreal,” saran Expedia.

Beberapa hotel dalam jalur pengamatan gerhana total yang masih tersedia di aplikasi Hotels.com, mulai 6 hingga 9 April 2024, termasuk bekas bangunan Coca-Cola Bottleworks Hotel di Indianapolis; Canopy by Hilton San Antonio Riverwalk di Texas; Kimber Modern di Austin, Texas, dengan kamar-kamar yang menawarkan ruang terbuka pribadi; dan The Lake House di Canandaigua di Finger Lakes New York, untuk tempat melihat tepi danau yang indah.

Sumber foto: britannica.com

Baca Juga: