Jepang sekali lagi memiliki paspor terkuat di dunia untuk tahun 2023, sebuah prestasi yang telah dipegang negara tersebut selama lima tahun berturut-turut.

Pemegang paspor Jepang dapat mengunjungi 193 tujuan berbeda di seluruh dunia tanpa visa, menurut Henley Passport Index dari total 227 destinasi di seluruh dunia.

Korea Selatan dan Singapura menempati posisi kedua dalam daftar dengan kemampuan untuk mengunjungi 192 tujuan baik bebas visa maupun dengan visa-on-arrival. Daftar baru ini merupakan penurunan peringkat untuk Singapura, yang menempati posisi No.1 tahun lalu .

“Saat kita memasuki tahun baru, hasil terbaru dari Henley Passport Index memberikan wawasan yang menarik tentang dunia yang ditandai dengan pergolakan luar biasa dan menawarkan pandangan terbuka tentang apa yang ada di depan,” tulis grup tersebut dalam sebuah pernyataan seperti dikutip KABARI.

Di luar Asia, negara-negara Eropa Jerman dan Spanyol sama-sama berada di urutan ke-3 dalam daftar dengan akses bebas visa ke 190 tujuan, sedangkan Inggris berada di urutan ke-6.

Amerika Serikat menempati posisi ketujuh dengan akses bebas visa ke 186 tujuan. Itu adalah penurunan dari tahun lalu ketika AS berada di posisi keenam, tetapi masih merupakan peningkatan dari tahun 2020 ketika AS berada di posisi kedelapan.

Kelompok tersebut menulis bahwa tampaknya semakin tidak mungkin bahwa AS atau Inggris akan mendapatkan kembali posisi teratas pada indeks yang mereka pegang bersama hampir satu dekade lalu pada tahun 2014.”
Indeks Paspor Henley menggunakan data dari International Air Transport Association (IATA) untuk menyusun peringkatnya.

Di ujung lain spektrum adalah Afghanistan, yang pemegang paspornya hanya dapat mengunjungi 27 tujuan bebas visa, satu tujuan lebih banyak daripada tahun 2022.

Di AS, para pelancong sekarang dapat memperbarui paspor mereka sepenuhnya secara online , mengambil dan mengunggah foto mereka sendiri, dan membayar secara online. Paspor juga menjadi lebih mahal dengan Departemen Luar Negeri AS menaikkan biaya buku paspor sebesar $20 pada tahun 2021.

Sumber foto: thrillist.com