KabariNews – Pemenang acara Jeopardy, Watson, tengah menjadi semakin baik dalam merancang pengobatan kanker. Data baru yang dipresentasikan minggu ini di rapat tahunan American Society of Clinical Oncology (Perkumpulan Amerika untuk Onkologi Klinik) menunjukkan bahwa IBM Watson untuk Onkologi mengusulkan pengobatan kanker yang seringkali sejalan dengan apa yang direkomendasikan dokter. Perusahaan tersebut juga mengumumkan bahwa produk perawatan kanker, yang dirancang untuk membantu para dokter mendiagnosa dan mengobati pasien mereka, tengah digunakan oleh sembilan pusat medis baru di seluruh dunia.

Dalam banyak penelitian yang dipresentasikan di ASCO, peneliti menunjukkan bahwa Watson untuk Oncology sangat luar biasa dalam menganjurkan pengobatan bagi beragam kanker yang berbeda.

Kami mulai mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana kecerdasan buatan dapat lebih efektif membantu para dokter mengobati kanker.

Dan dalam data yang dipresentasikan di rapat Perkumpulan Amerika untuk Onkologi Klinik, IBM Watson Health (Kesehatan IBM Watson) memberikan gambar tentang bagaimana itu bekerja sejauh ini.

Dari penelitian yang dilakukan di India, rekomendasi pengobatan Watson telah dalam persetujuan dengan rekomendasi untuk kanker paru-paru dari para dokter 96 persen dari keseluruhan, 93 persen dari keseluruhan untuk kanker rektum, dan 81 persen dari keseluruhan untuk kanker usus.

Dan terdapat tingkat persetujuan yang sebanding untuk pengobatan kanker kolorektal, paru-paru, payudara, dan gastrik dalam penelitian berdasar Thailand. Sebagai tambahan, Watson mampu untuk memeriksa pasien kanker payudara dan paru-paru untuk kelayakan percobaan klinis 78 persen lebih cepat dari manusia, mengurangi waktu pemeriksaan dari 110 menit hingga hanya 24 menit.

Watson untuk Oncology adalah sistem komputasi kognitif yang dilatih oleh para dokter di Memorial Sloan Kettering (sebuah pusat perawatan kanker). Sistem ini mampu mendapatkan riwayat medis pasien, mengambil informasi terkait mengenai kesehatan mereka, dan memunculkan rencana pengobatan pribadi. Watson juga dapat mengusulkan pengobatan mana yang sebaiknya jangan dilakukan dan memberikan penelitian terkait untuk menyokong proposalnya. Secara keseluruhan, ini ditujukan untuk membantu para dokter untuk menavigasi kasus setiap pasien dengan bantuan dari penelitian terbaru yang ada.

Keberhasilan layanan kesehatan Watson bukan hal yang baru, namun penemuan-penemuan tambahan ini membuatnya jauh lebih berguna bagi para dokter. Terlebih lagi, sementara Watson sudah tengah digunakan di seluruh dunia, mereka menambahkan sembilan rumah sakit baru ke dalam daftar klien mereka, termasuk grup medis di Australia, Meksiko, Brazil, dan seluruh Asia Tenggara.