KabariNews – Bila mendengar nama kota Palembang, sudah bisa dipastikan Anda akan langsung teringat dengan makanan khas daerah tersebut. Yah apalagi jika bukan Pempek.

Makanan yang dibuat dari bahan utama ikan dan sagu tersebut memang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya mereka yang berasal dari Palembang, tapi juga orang dari luar daerah..

Di Jakarta, salah satu lokasi yang sangat terkenal dengan jajanan pempeknya adalah kawasan Jalan Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di lokasi ini, dengan mudah bisa dijumpai warung-warung yang menjajakan pempek. Mulai dari pempek telor (kapal selam), tekwan, pempek kulit, pempek lenggang goreng, pempek tahu, pempek panjang atau lenjer dan sebaginya.

Salah satu warung yang sejak lama dikenal dan boleh dikatakan pionir berjualan pempek di kawasan tersebut adalah Kedai Pempek Garuda, yang berada di Jalan Garuda No 38A.

Kedai milik Nelly (41) ini setiap harinya mulai buka dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB, dan selalu ramai dikunjungi para pacinta pempek dari berbagai daerah di kawasan Ibukota.

Bahkan bila akhir pekan, Nelly mengakui bahwa para konsumen yang datang ke kedainya ini lebih banyak dari luar Jakarta.

Harga satuan pempek di sini terbilang cukup murah, yakni mulai dari 4.000 rupiah hingga 10.000 rupaih per satuannya.

Didirikan sejak tahun 1980, Pempek Garuda merupakan warung terlama yang berada di lokasi ini yang menjual pempek. Hingga akhirnya pada tahun 2005-an mulai “menjamur” usaha serupa di lokasi tersebut.

Pada malam hari selain pempek, jajanan lainnya yang dihidangkan di antaranya adalah tongseng kambing dan kerak telor. (arip)