“Aloha, aloha, aloha…..,” kata yang akrab ditelinga jika sedang berada di Hawaii. Aloha, kata pengantar, menyapa – dapat diartikan sebagai “selamat datang” dari penduduk negara bagian Amerika Serikat tersebut.

Dimana-mana nyiur melambai. Mengingatkan kita sedang berada di Maluku atau Nusa Tenggara Timur. Banyak kesamaannya dengan Indonesia. Hawanya, pantainya….. Waikiki, laiknya Pantai Kuta, Bali. Apalagi terdengar petikan gitar kecil bernama ukulele yang terkenal di Indonesia bagian Timur. A very very fascinating island ! Ingatan langsung ke bandnya Pak Hugeng, Hawaian Senior. Tarian Hula-Hula di pantai, menambah kesan mendalam terhadap negeri di Samudera Pasific ini. Dengan tari tersebut, tamu disambut, tamu dilepas. Jika di Bali gadis-gadisnya menyematkan bunga Kamboja di telinganya, gadis-gadis Hawaii berbunga Anggrek.

Banyak Kesamaan dengan Indonesia
Warna kulit penduduk asli Hawaii yang kecoklatan, membawa angan kita ke Indonesia Timur, apalagi bahasa Polynesia tidak asing dialeknya dengan bahasa Rote dan Sumba di Nusa Tenggara Timur. Banyak kesamaan dengan beberapa suku di Timor – NTT dan Maluku.

Jalan-jalan di Hawaii, banyak acara yang ditawarkan. Jika tak senang snorkling, scuba-diving, ataupun fishing, tamu bisa ke Pulau O’ahu. Pulau tersebut terkenal karena Honolulu dan Waikiki Beachnya. Tamu bisa berkunjung ke Museum, University of Hawaii dengan East West Centernya dan juga Pusat Informasi Pearl Harbor’s Memorial yang bernilai sejarah bagi Amerika Serikat pada Perang Dunia ke 2.

Polynesian Cultural Centerpun amat menarik. Disini tamu akan mengenal lebih dalam kebudayaan penduduk asli Hawaii Polynesia. Melalui layar IMAX, tamu bisa menyaksikan macam-macam tradisi, tari-tarian, pakaian, makanan dan kehidupan sehari-hari masyarakat Polynesia. Masih banyak atraksi menarik dan tawaran obyek wisata lain yang perlu dikunjungi.

Shopping yang Mencekik Leher
Harga pakaian di daratan Amerika tentu mahal. Namun, disini lebih mahal lagi. Sungguh harga yang membuat pembeli tersedak mengetahui harganya. Sepotong T-Shirt putih sederhana, cotton, bertulisan Waikiki and the Like, harganya sekitar $8 – $15. Bandingkan dengan harga di China Town San Francisco, harganya antara $ 3.50-$ 5.00 per potong. Mau coba, datanglah ke International Market yang letaknya di dekat Pantai Waikiki.

Orang katakan, kalau ke Hawaii jangan lupa Macademia Nuts yang enak, gurih dan terkenal. Alamak, ternyata harga di Honolulu lebih mahal dibandingkan dengan di kota lain di A.S sendiri.

Di Honolulu banyak Mall dan pertokoan. Mall dan pertokoan tertata rapi dengan produk-produk dunia branded seperti Dior, Louis Vuitton, Cartier, dll. Yang terkenal dan banyak pengunjungnya ialah Ala Moana Shopping Center karena merupakan ¬¬the world’s largest open-air Shopping Center. Lengkap dengan Resto / Café dan Food Court yang menyediakan bermacam-macam menu dari berbagai negara.

East West Center, University of Hawaii
University of Hawaii letaknya di perbukitan dan sangat luas dengan suasana yang tenang – tidak jauh dari Waikiki. Banyak mahasiswa bersepeda sekitar kampus, karena mobil diparkir amat jauh. Yang terkenal di universitas ini adalah East – West Centernya, yaitu Pusat Studi tentang Pertukaran Kebudayaan dan Teknologi antara dunia Timur dan Barat.

Banyak juga mahasiswa non-Amerika yang studi dan mengadakan riset disini. Dan mungkin, disinilah dapat ditemui bahan-bahan riset kebudayaan Indonesia paling lengkap di Amerika. Ada pigura bermotif batik, motif Dayak dan dari beberapa daerah lain.

Begitu banyak kenangan yang dibawa pulang dari Hawaii, termasuk sehelai  kain  pantai  berwarna  ungu  dengan  motif  kembang   sepatu ( hibiscus) putih serta tulisan dipinggirnya : made in Indonesia…..! (Jeanne Doko)

Untuk Share Artikel ini, Silahkan Klik www.KabariNews.com/?2542

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Maret 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estat

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com          Email :  Info@InteroSF.com

Telp. 1-800 281 6175