KabariNews – Sejarah kebudayaan Madura memiliki catatan panjang, selepas peradaban keraton mulai mengisi kehidupan masyarakat Madura. Prabu Arya Wiraraja seorang Penguasa dari Singosari mendirikan Kerajaan pertama di Batu Putih Sumenep, Madura Timur daerah yang dipilih lebih karena potensi penyangga kehidupan cukup potensial ketika itu. Dari pulau Madura kemudian lahir pulau budaya dan karya seni yang memberi nuansa berbeda, karena bumi Madura ternyata penuh dengan tantangan.

Pada masa pra Islam karya seni Madura situsnya masih dapat dilihat di Batu Putih dengan berbagai peninggalan tersisa karena Belanda memang sangat meminati seni dari Indonesia yang unik dan beraneka ragam.

Namun secara umum budaya yang kemudian melekat pada kehidupan masyarakat Madura berupa peninggalan legenda dan sejarah tutur bagaimana mau membawanya? Banyak karya yang kemudian masih tumbuh kembali oleh masa yang dinamis dan penuh romantika, melahirkan karya-karya bernilai tinggi berbasis pada interaksi perubahan sosial masyarakatnya.

Baca artikel selengkapnya di Kabari Digital