Jersey dan jaket timnas Nigeria

Ajang Piala Dunia 2018 kembali diramaikan oleh tampilan warna-warni jersey tim nasional (timnas) dari berbagai negara yang berhasil lolos di babak kualifikasi. Bukan hanya pemain timnas, para penggemar sepak bola pun tampil semarak mengenakan seragam timnas idolanya. Melalui kolaborasi dengan berbagai merek produk olahraga, timnas tiap negara pun berlomba-lomba untuk menampilkan jersey dengan desain unik dan tampilan menarik sesuai dengan warna bendera dan simbol dari masing-masing negara.

Di antara 32 negara yang berkompetisi di Piala Dunia kali ini, seragam timnas Nigeria tercatat sebagai jersey yang paling digemari dan banyak mendapat pujian dari kalangan pemerhati industri fashion. Para suporter bahkan rela mengantre selama berjam-jam untuk membeli di beberapa gerai Nike. Pihak Nike mengaku telah menerima sebanyak 3 juta pra-pemesanan khusus untuk jersey tersebut. Angka tersebut bahkan melampaui jumlah penjualan awal beberapa klub terbesar di dunia. Pada tahun 2016, misalnya, Manchester United berhasil menjual jersey terbanyak di dunia dengan volume penjualan mencapai 2,85 juta buah. Untuk memenuhi permintaan yang tinggi akan kostum tim Nigeria tersebut, Nike pun terpaksa mengubah tanggal rilisnya di pasaran.

Jersey tim Nigeria tersebut menampilkan pola garis zigzag yang memadukan warna hijau limau, putih, dan hitam. Di sisi kiri atasnya, terpampang bordiran logo timnas Nigeria yang di kelilingi tulisan Nigeria Football Federation Abuja. Menurut pernyataan yang dilansir oleh pihak Nike, desain kostum tim yang dijuluki Super Eagles ini terinspirasi oleh seragam klasik tim Nigeria pada tahun 1994 dengan ikon sayap elangnya. Jersey ini dibandrol seharga USD 90 atau setara Rp 1,3 juta. Untuk melengkapi koleksi tersebut, Nike juga merilis jaket dan topi dengan motif serupa. (Foto: Nike)