Saat ini, sekitar 150 ribu orang Indonesia berada di Amerika Serikat. Untuk lebih membangun kebanggaan sebagai orang Indonesia sekaligus mempererat hubungan yang lebih dekat dengan sesama orang Indonesia yang berada di luar negeri ini, maka Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal memprakarsai sebuah acara Kongres Diaspora Indonesia (CID) yang akan diadakan pada tanggal 6-8 Juli 2012 di Los Angeles Convention Center , California, AS.

Pihak yang akan diundang sebagai pembicara pada kongres itu antara lain Sri Mulyani dan Anggun C. Sasmi. Yang akan hadir juga adalah Mari Elka Pangestu (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Mohammad Nuh (Menteri Pendidikan Nasional), Sehat Sutardja Presiden Marvell Technology Group , Prakash Lohia (CEO dan Managing Director Indorama Group), Chaerul Tanjung (Ketua Komite Ekonomi Indonesia), Yohanes Surya (Fisikawan yang berjasa membimbing siswa-siswa Indonesia memenangkan Olimpiade Fisika Internasional), dll

Kongres ini akan mengusung tema-tema menarik, antara lain : Berbisnis di Indonesia, Berbisnis di Amerika, Becoming Agents for Indonesian Products, Indonesia’s ICT and Digital Future, Becoming More Than Exemplary Residents : Connecting and Partnering with Your Host Community, Becoming Local Politicians, The Future of Indonesia’s Creative and Knowledge Economy, Citizenship and Immigration Issues, Managing Indonesian Diaspora : The Way Forward, Diaspora Women as the Backbone of Family and Community, Forum TKI, Opening Indonesian Restaurant in Your City, Generation-21 : Defining 21st Century Profile of Indonesia, Immigration Issues, Pluralism and Democracy in Indonesia, Menduniakan Budaya Indonesia, dan berbagai topik lain yang relevan dengan kehidupan diaspora Indonesia.

Kongres ini juga akan menyediakan tempat untuk pameran batik, bazaar kuliner Indonesia, bursa tenaga kerja (Job Fair) dan sejumlah booth untuk mempromosikan berbagai karya; Promote Your Thing yang dapat dimanfaatkan oleh para diaspora Indonesia untuk mempromosikan karya masing-masing. Pihak penyelenggara juga merencanakan untuk mengundang sejumlah entertainer dan selebriti dari Indonesia, antara lain : AB Three, Ruth Sahanaya, Denada, Balawan, dll.

Kongres ini kelak akan menghasilkan suatu Deklarasi Diaspora, yang memuat visi Indonesia di abad ke-21, dan peran serta aspirasi diaspora Indonesia. Kongres juga diharapkan dapat memulai sejumlah program kegiatan yang konkrit – misalnya pembentukan Indonesian Brain Bank, atau program One Computer Per School – baik untuk kepentingan pemberdayaan diaspora Indonesia di negeri rantau, maupun untuk membantu saudara-saudara di Indonesia.
Panitia dan penyelenggara mengundang banyak pihak untuk ikut berpartisipasi sebagai peserta.

Untuk mendaftarkan diri, silahkan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh melalui link sebagai berikut:

http://embassyofindonesia.org/diaspora/pdf/Formulir_Registrasi_Kongres_Diaspora_Indonesia.pdf

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?38102

Untuk Melihat artikel Amerika / KBRI-KJRI lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :