Siapa yang tak kenal Mas Didik? Pelawak, pengajar, seniman pantomim, sekaligus penari topeng tenar ini merupakan seniman cross-gender pertama dari Indonesia yang sudah go internasional. Apa sih sebenarnya penari tradisional cross-gender itu? Mas Didik, penari unik yang berbakat luar biasa ini, menciptakan kreasi tari, dimana beliau menggabungkan tarian Jawa, Sunda, Bali, dan Cirebon dengan berkedok seorang wanita. Lebih menariknya lagi, pria kelahiran Temanggung 13 November 1954, menggunakan seni topeng dan sentuhan humor sebagai pelengkap tariannya.

Selebihnya, Mas Didik yang bernama lengkap Didik Hadiprayitno ini, juga mengkolaborasikan tariannya dengan berbagai macam musik, tradisional maupun modern, wayang kulit, serta memakai beberapa alat elektronik seperti layar, TV, dan bahkan radio.

Pada tanggal 21 sampai 24 April, komunitas Indonesia serta masyarakat lokal San Francisco 2011 beruntung sekali mendapatkan kesempatan untuk melihat aksi tari panggung Mas Didik, tepatnya di teater New Conservatory Theatre Center. Tarian atraksi tersebut diberi judul “Gender Mystic”, dan dibuka oleh penari seni San Francisco asal Yogyakarta, sekaligus teman baik Kabari, yaitu Mas Amron Paul Yuwono. Semua penonton sangat terhibur dengan tarian unik Mas Didik yang sangat spiritual, dramatis, humoris, dan kadang hipnotis. Seringkali Mas Didik didalam tariannya berekspresi sangat komikal, hal inilah yang membuat penonton tertawa. Bahkan, ada satu kreasi tarian dimana Mas Didik menyatukan elemen tarian tradisional Jepang, lengkap dengan topengnya.

Entah bagaimana, Mas Didik yang sangat berbakat ini mampu menyambungkan tarian Jepang kuno tersebut dengan tarian tradisional Jawa. Sayang ada satu tarian yang harus dipotong karena keterbatasan waktu. Meskipun begitu, pengunjung tetap terhibur sepenuhnya. Setelah acara tari selesai, Mas Didik yang memiliki studio tari di Yogyakarta ini meluangkan waktunya untuk tanya-jawab serta foto-foto dengan penonton. Kabari pun mendapatkan kesempatan emas untuk berbincang-bincang dan mewawancara pria yang sudah 20 tahun lebih melestarikan budaya tari tradisional Indonesia ini, khususnya dalam bentuk cross-gender. Bravo Mas Didik! Datang lagi ya ke Amerika, lebih tepatnya lagi, kota San Francisco!

*Profil*
Nama Lengkap : Didik Hadiprayitno,SST
Nama Artis : Didik Nini Thowok
Tempat/Tanggal Lahir : Temanggung, November 13, 1954
Agama : Kristen
Alamat : Perumahan Jatimulyo Baru Blok G-14 Yogyakarta
55242, Indonesia
Telepon : 62-274-589050
Pekerjaan : Direktur :
– LPK Natya Lakshita (Lembaga Pendidikan Kejuruan) Tari/ Natya Lakshita Dance School.
– Didik Nini Thowok Foundation (Yayasan Didik Nini Thowok).
– Didik Nini Thowok Entertainment.
Alamat Kantor : Green Plaza Kav.7, Jl. Godean Km.2,8 Yogyakarta
55182, Indonesia
Telepon Kantor : 62-274-586050, 581069, 520736
Fax. : 62-274-586050
E-mail : didiknt@indosat.net.id stnl@indosat.net.id
didik_nt@yahoo.com
Situs : www.didikninithowok.info
Institusi : Sarjana Tari ( SST ) of ASTI ( Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta) ,1982 (ISI Yogyakarta).

(Inna)

Saksikan wawancara eksklusif Kabari dengan Didik Nini Thowok 

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36762

Untuk melihat Artikel Amerika / Art lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :