Jakarta, KabariNews.com – Menyambut peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya, berbagai acara dan kegiatan banyak dilakukan, di antaranya adalah aksi pawai anak-anak pelajar dengan menggunakan beraneka pakaian tradisional Indonesia.

Bahkan, bagi para pengemudi wanita Bus Transjakarta, mereka memiliki cara unik untuk menghargai perjuangan R.A Kartini, yakni dengan cara memakai kebaya saat mengemudi.
Betty, salah satunya. Wanita yang baru tujuh bulan mengemudikan Bus Transjakarta ini tidak merasa kesulitan saat dirinya mengemudi bus berukuran besar dengan menggunakan kebaya. Baginya, ini adalah salah satu bentuk penghargaan kepada tokoh wanita asal Jepara, Jawa Tengah, tersebut.
“Biasa aja, tidak ada bedanya dengan pakaian biasa. Ribet sedikit seh, tapi untuk menghormati yah tidak apa-apa. Toh cuma setahun sekali,” tuturnya sambil mengemudikan Bus Transjakarta koridor 1 rute Blok M – Kota.
Perjuangan persamaan hak antara wanita dan pria yang pernah dilakukan R.A Kartini memang telah terlihat pada saat ini. Emansipasi wanita terus berkembang dalam berbagai bidang, dan salah satunya sebagai pengemudi transportasi umum.
Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36645

Untuk melihat artikel Unik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :