KabariNews – Lagu Indonesia Raya berkumandang hikmat di Rio de Jeneriro, Brasil pada 17 Agustus 2016 tepat di hari kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun. Yang membanggakan, lantunan lagu kebangsaan Indonesia menyertai kemenangan pasangan ganda campuran Indonesia Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang berhasil merebut mendali emas pada Olimpiade ke 31.

menanti-medali-emas-di-hari-kemerdekaan-indonesia-GPqKemenangan Ahmad/Liliyana menjadi kado istimewa bagi Indonesia. Pasalnya emas yang diraih pasangan ganda bulutangkis yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus tersebut merupakan emas pertama dan satu-satunya bagi Indonesia di Olimpiade 2016. Sebelumnya kontingen Indonesia sudah manyabet dua perak dari cabang angkat besi.

Emas yang dipersembahkan Ahmad/Liliyana menjaga tradisi Indonesia meraih emas di ajang Olimpiade setelah  sempat ‘puasa’ pada Olimpiade yang berlangsung di London 2012 lalu. Terakhir Indonesia meraih mendali emas pada Olimpiade Beajing 2008. Prestasi tersebut juga dihasilkan oleh atlet bulu tangkis ganda putra Hendra Setiawan dan Markis Kido.

Ahmad/Liliyana mengukir sejarah besar pada Olimpiade Rio 2016. Pasangan ganda campuran peringkat ketiga dunia itu berhasil meraih mendali emas setelah mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying asal Malaysia pada babak final dengan skor 21-14 dan 21-12.